Dilema Fraksi NasDem terkait Hak Angket KPK

Dheri Agriesta    •    Kamis, 18 May 2017 12:32 WIB
angket kpk
Dilema Fraksi NasDem terkait Hak Angket KPK
Wakil Ketua Fraksi NasDem Johnny G. Plate. Foto: MI/Susanto

Metrotnvews.com, Jakarta: Partai NasDem belum mengirimkan wakil ke pansus hak angket Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). UU MD3 tak mengatur secara detail harus ada wakil dari semua fraksi di DPR.

Wakil Ketua Fraksi Partai NasDem Jhony G. Plate mengatakan, hal ini bisa diperdebatkan. "Tanpa menghadirkan wakil kita menghilangkan kesempatan debat. Harus menerima hasil," kata Jhony di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis 18 Mei 2017.

Di lain sisi, mengirim wakil ke pansus bukan pilihan bijak. Publik bisa menilai Fraksi NasDem setuju melemahkan lembaga antikorupsi. "Dilema, makanya kami menunggu," ucap Jhony.

Jhony akan melihat proses politik di rapat badan musyawarah. Ia pun akan melihat legitimasi terhadap hak angket KPK.

Jika dukungan terhadap hak angket hanya setengah dari fraksi yang ada di DPR, Fraksi NasDem tak akan mengirimkan wakil. Fraksi NasDem tak ingin kehilangan hak dan kesempatan debat. Karena, ada tiga hal yang harus ditekankan dari usulan hak angket KPK ini.

Substansi dari hak angket KPK harus diperdebatkan. Selain itu, legitimasi politik dari hak angket KPK harus didapatkan dengan baik.

"Dan ketiga, proses politik itu sendiri harus berjalan sebagaimana amanat Undang-undang. Kalau tidak mengirimkan wakil, kami harus menerima tiga hal itu," ucap Jhony.

Baca: Semua Fraksi Diyakini Mengirimkan Wakil di Pansus Hak Angket KPK

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah meyakini Panitia Khusus (Pansus) Hak Angket KPK akan terbentuk. Semua fraksi di DPR akan mengutus wakilnya.

"Pansus sudah terbentuk. Nanti (tinggal) penyerahan nama saja," kata Fahri di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin 15 Mei 2017.

Menurut dia, kuorum Pansus tidak berdasarkan jumlah fraksi yang ada di DPR. Hal ini ditentukan dari jumlah fraksi yang mendaftar. Fahri meyakini semua fraksi tidak akan tinggal diam.


(YDH)

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

1 hour Ago

KPK kembali memeriksa mantan Dirjen Dukcapil Kemendagri Irman. Irman diperiksa sebagai saksi un…

BERITA LAINNYA