Golkar Bakal Proses Hukum Temuan Tindakan Kecurangan Pilkada

Husen Miftahudin    •    Rabu, 19 Apr 2017 20:38 WIB
pilgub dki 2017
Golkar Bakal Proses Hukum Temuan Tindakan Kecurangan Pilkada
Ketua DPD Golkar DKI Fayakhun Andriadi. (Foto: MI/Mohamad Irfan).

Metrotvnews.com, Jakarta: Pilkada DKI Jakarta menyisakan semangat membangun Ibu Kota bersama-sama. Namun bila ada tindakan kecurangan selama proses Pilkada putaran kedua, Golkar sebagai pendukung Basuki 'Ahok' Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat bakal memprosesnya secara hukum.

"Segala hal akan kita lakukan secara konstitusional. Jadi kalau nanti ditemukan ada pelanggaran, ya kita proses," tegas Ketua DPD Golkar DKI Jakarta Fayakhun Andriadi usai konferensi pers di kantornya, Jalan Pegangsaan Barat, Jakarta Pusat, Rabu 19 April 2017.

Fayakhun mengaku belum mendapat laporan soal tindakan kecurangan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) dari saksi yang dikerahkan oleh Golkar. Dia masih menunggu pihak yang sudah ditunjuk. 

"Saya belum tahu. Itu nanti bidang advokasi. Saya enggak mau mendahului," tutur dia. 

Golkar DKI, lanjut dia, saat ini lebih berfokus pada penyelesaian penghitungan tabulasi suara lewat real count yang digagas bersama Cyrus Network. Pada faktanya, pasangan yang diusung Golkar DKI memang sulit menandingi perolehan suara Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

"Yang kita lihat sekarang kan data dan kita harus fair, harus sportif. Setelah tadi saya validasi ke semua TPS, angkanya memang sudah tidak mungkin mengejar di posisi 90 persen, maka kita harus sportif. Kita harus sampaikan bahwa rakyat menghendaki Anies-Sandi," pungkas dia. 


(REN)