Pengamat: PAN Ingin Dapat Untung Berlipat

Nur Aivanni    •    Kamis, 27 Jul 2017 14:28 WIB
reshuffle kabinet
Pengamat: PAN Ingin Dapat Untung Berlipat
Ilustrasi. Foto: Antara/Rosa Panggabean

Metrotvnews.com, Jakarta: Sikap Partai Amanat Nasional (PAN) yang kerap berseberangan dengan pemerintah disebut sebagai strategi. Pengamat Politik dari Universitas Paramadina Toto Sugiarto mengatakan PAN ingin mendapatkan untung berlipat.

Selain ingin mendapat keuntungan dengan bergabung sebagai parpol pendukung pemerintah, PAN juga ingin mendapatkan posisi di masyarakat menjelang Pemilihan Presiden 2019.

"(PAN) tidak hanya gamang, tapi juga tidak konsisten. Itu upaya PAN untuk mencari positioning di mata rakyat," kata Toto saat dihubungi Media Indonesia, Kamis 27 Juli 2017.

Sikap PAN belakangan kerap berseberangan dengan partai koalisi pendukung pemerintah. Terakhir, terkait persetujuan RUU Pemilu, PAN menyatakan walk out. Sikap ini bertolak belakang dengan fraksi koalisi pendukung pemerintah.

Toto menilai PAN masih ingin bersama pemerintah dengan menikmati kekuasaan yang diperoleh. Di sisi lain, sikap PAN ini sebagai upaya mendapatkan simpati dari rakyat.

"PAN mengira bisa mendapat simpati jika melawan kebijakan pemerintah, maka dilakukanlah sikap yang berbeda tersebut. Itu upaya positioning PAN untuk mempersiapkan (Pilpres) 2019," ujarnya.

Untuk itu, menurut Toto, koalisi pemerintah harus memberikan peringatan terhadap sikap PAN ini. Jika peringatan tak diindahkan, maka PAN bisa dikeluarkan. "Tanpa PAN pun koalisi pemerintah cukup kuat," ujarnya.

Toto menilai PAN juga harus menentukan sikap tegas apakah ingin tetap bergabung dengan koalisi pendukung pemerintah atau keluar. "Kalau keluar berarti rela menyerahkan posisi menteri," kata dia.

Mengenai sikap PAN ini, pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro menyarankan parpol koalisi harus segera mengadakan konsolidasi. Menurutnya, harus ada komunikasi yang intensif dengan menghadirkan semua partai pendukung.

"Sehingga tidak terkesan saling melontarkan pernyataan di ruang publik," ujar Siti.




(UWA)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

3 hours Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA