PDIP Beri Sinyal Siapkan Djarot Jadi Calon Wakil Gubernur DKI

Achmad Zulfikar Fazli    •    Rabu, 07 Sep 2016 05:30 WIB
pdi perjuangan
PDIP Beri Sinyal Siapkan Djarot Jadi Calon Wakil Gubernur DKI
Djarot Saiful Hidayat (kanan). (Foto: MI/Bary Fathahilah).

Metrotvnews.com, Jakarta: Sinyal pengusungan Djarot Saiful Hidayat sebagai calon wakil gubernur dari PDI Perjuangan dalam Pilkada DKI 2017 semakin menguat. Hal ini ditunjukan dengan keikutsertaan Djarot dalam Sekolah Partai Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang diselenggarakan PDIP.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, Djarot memang telah ditugaskan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk mengkuti Sekolah Partai Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah tersebut. Sebab, kata dia, PDIP memang menyiapkan Djarot untuk menjadi pemimpin.

Terlebih, PDIP menilai Djarot sudah dua kali berhasil memimpin Kota Blitar. Selain itu, selama menjadi wakil gubernur DKI Jakarta, Djarot juga dinilai taat pada asas-asas dan tugasnya sebagai wakil gubernur.

"Kepemimpinan Pak Djarot yang taat asas ini diapresiasi oleh PDI Perjuangan, oleh ketua umum, sehingga Pak Djarot dalam momentum yang baik ini diikutkan sebagai peserta sekolah calon kepala daerah bersama dengan Rano Karno," kata Hasto di Kinasih Resort Depok, Jalan Raya Cilangkap, Cilangkap, Tapos, Depok, Selasa (6/9/2016) malam.

Hasto pun mengakui selama ini banyak aspirasi-aspirasi yang muncul dari masyarakat agar Djarot kembali maju sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta. Sebab menurut dia, masyarakat melihat Djarot sudah menunjukan kerja sama yang baik dalam menjalankan tugas-tugasnya bersama Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

"Tapi ini masih dalam proses. Tunggu momentum yang tepat," jawab Hasto.

Calon Wakil Gubernur

Kepala sekolah partai sekaligus Ketua DPP PDI-P Komarudin Watubun dengan lantang menyebut Djarot sebagai calon Wakil Gubernur DKI Jakarta yang bakal diusung oleh PDIP di hadapan sekitar 54 peserta calon kepala daerah.

Hal itu diucapkan Komarudin saat menyapa beberapa calon kepala daerah yang menjadi sorotan publik. Mulai dari bakal calon Gubernur Papua, Banten hingga DKI Jakarta.

"Nah, ini dia. Bakal calon wakil gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful," ujar Komarudin yang langsung disambut meriah puluhan peserta.

"Namun ingat, masih bakal loh," tambahnya yang disambut tawa

Sinyal pengusungan Djarot sebagai wakil gubernur juga keluar dari mulut Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Mantan Presiden RI ke-5 ini mengatakan, peserta Sekolah Partai ini merupakan tokoh yang telah mendapatkan rekomendasi dari dirinya untuk berlaga di Pilkada serentak 2017.

"Kepala Daerah harus ikuti aturan. Jalankan tugasnya dengan baik jauhkan korupsi, kolusi dan nepotisme," kata dia.

Sekedar diketahui, sejumlah nama telah digadang-gadang bakal diusung PDIP sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur dalam Pilkada DKI Jakarta 2017. Mereka diantaranya adalah Tri Rismaharini, calon petahana Basuki Tjahaja Purnama serta Djarot Saiful Hidayat.

Suara dukungan baik dari kader maupun masyarakat kepada tiga nama itu terus mengalir. Namun, hingga kini partai berlambang moncong putih itu belum menentukan sikapnya.


(HUS)

Kubu Novanto Ajukan Saksi Meringankan

Kubu Novanto Ajukan Saksi Meringankan

2 hours Ago

Langkah tersebut tercantum dalam ketentuan Pasal 65 KUHAP terkait dengan pemanggilan saksi meri…

BERITA LAINNYA