Sultan Imbau Warga tak Ikut Aksi 2 Desember

Meilikhah    •    Rabu, 30 Nov 2016 15:23 WIB
unjuk rasa
Sultan Imbau Warga tak Ikut Aksi 2 Desember
Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X memberikan Orasi Budaya pada acara Milad ke-32 UMY di Sportorium kampus UMY, Yogyakarta, Sabtu (20/4/2016). Foto: Antara/Noveradika

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X mengimbau warganya tak ikut Aksi Bela Islam jilid III di Jakarta, 2 Desember. Warga diimbau tetap berada di Yogyakarta dan beraktivitas seperti biasa.

"Kami minta kalau bisa di sini (Yogyakarta) saja," ujar Sultan usai menerima penghargaan Indeks Demokrasi Indonesia di Puri Ratna Ballroom Grand Sahid Jaya, Jakarta, Rabu (30/11/2016).

Sultan mengaku sudah berdialog dengan warga maupun aparat, termasuk pejabat pemerintahan di Yogyakarta. Dia mengatakan belum mendapat informasi apakah ada warganya yang akan turut serta ikut aksi.

"Kita sudah berdialog, tapi saya akhirnya belum tahu persis berapa atau ada ndak jadinya," kata dia.

Meskipun di beberapa daerah ramai memperbincangkan hingga melakukan aksi turun ke jalan terkait kasus dugaan penistaan agama oleh Gubernur nonaktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, Sultan mengatakan Yogyakarta masih aman terkendali.

"Aman enggak ada masalah, kemarin juga enggak ada. Tapi saya belum tahu persis kemarin baru koordinasi. Finalnya baru tanggal satu (ikut aksi atau tidak)," kata Sultan.


(MBM)