BIN Laporkan Kasus Aisyah ke Wiranto

Dheri Agriesta    •    Jumat, 17 Feb 2017 12:49 WIB
pembunuhan kim jong-nam
BIN Laporkan Kasus Aisyah ke Wiranto
Menko Polhukam Wiranto. MTVN/ Dheri

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Intelijen Negara (BIN) masih melakukan penyelidikan terkait kasus dugaan pembunuhan Kim Jong-nam yang melibatkan warga negara Indonesia, Siti Aisyah, di Malaysia. Semua hasil penyelidikan itu dilaporkan ke Menko Polhukam Wiranto.
 
"Selama ini BIN juga sudah memberikan laporan, kita tunggu sajalah," kata Wiranto di Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat 17 Februari 2017.
 
Wiranto enggan membeberkan laporan yang didapat dari BIN. Kata dia, informasi yang diterimanya tak boleh disebar kepada publik secara sembarangan.
 
Mantan Ketua Umum Partai Hanura ini menegaskan, Kementerian Luar Negeri telah diberi tugas menyelesaikan masalah ini. Ia meminta seluruh pihak sabar menunggu proses yang ada.
 
Wiranto menegaskan, Indonesia adalah negara yang selalu menghormati proses hukum, di negara sendiri maupun di negara lain. Indonesia akan menjadikan hukum di Malaysia sebagai acuan dan tidak akan menggugat keputusan yang dikeluarkan.
 
"Jadi kita tunggu saja prosesnya," kata dia.
 
Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir mengatakan, Kemenlu terus berkomunikasi dengan otoritas Malaysia untuk menemukan fakta dan data penting terkait keterlibatan Siti. Hingga saat ini otoritas Malaysia terus melakukan pendalaman terhadap kasus ini.
 
"Paling pertama kita minta akses konsuler terhadap warga kita, kemudian kita bisa melakukan pendampingan," kata Fachir
 
Tim pun telah dikirim ke Kuala Lumpur untuk menangani kasus ini. Akses konsuler menjadi prioritas dari tim tersebut.
 


(FZN)

3 <i>'Cluster'</i> Besar Pemain Korupsi KTP-el

3 'Cluster' Besar Pemain Korupsi KTP-el

1 hour Ago

Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah membagi pihak yang terseret kasus…

BERITA LAINNYA