Plt Gubernur DKI Tak Mau Pengesahan APBD Molor

Nur Azizah    •    Rabu, 30 Nov 2016 01:57 WIB
kisruh apbd dki jakarta
Plt Gubernur DKI Tak Mau Pengesahan APBD Molor
Plt Gubernur DKI Jakarta Soni Sumarsono. MTVN/ Nur Azizah

Metrotvnews.com, Jakarta: Plt Gubernur DKI Jakarta Soni Sumarsono akan mempercepat pengesahan APBD 2017. Ia tak mau, pengesahan APBD molor seperti tahun-tahun sebelumnya.

Pria yang akrab dipanggil Soni itu mengatakan, keterlambatan pengesahan APBD akan merugikan masyarakat. Soni menyampaikan, total Rancangan APBD 2017 naik mencapai 4,65 persen.

"Berarti semua totalnya Rp72,8 triliun. Sementara anggaran APBD 2016 sebesar Rp67,16 triliun," ujar Soni di Gedung DPRD DKI, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (29/11/2016).

Kemudian, lanjut Soni, pendapatan diperkirakan mencapai Rp60,89 triliun. Angka itu mengalami peningkatan 3,2 persen.

Sedangkan belanja daerah sebesar Rp63,47 persen. Jumlah itu meningkat 5,89 persen dengan Sisa lebih pembiayaan anggaran (SILPA) diperkirakan mencapai 5,7 persen.

"Lalu pinjaman MRT 3,68 persen. Tapi dari sekian itu ada modal penyertaan pemerintah sebesar Rp6,79 triliun. Yang terbesar MRT," lanjut Soni.

Dirjen Otoritas Daerah Kemendagri itu menyatakan, prioritas itu sudah sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menangan Daerah (RPJMD). Ia juga mengatakan, Rancangan Kerja Pembangunan Daerah (RKPD).

"Kami juga enggak keluar dari KUAPPAS yang disusun Gubernur Petahana. Itu tetap menjadi pegangan kita. Kalau pun ada, hanya koreksi kecil," ujar dia.

Soni menyebutkan, ada beberapa hal yang harus disesuaikan karena tiga hal. Pertama, karena penyesuaian upah minimum provinsi termasuk BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan.
Kedua, penyesuaian bahan bakar minyak dan yang terakhir penyesuaian komponen.

Lebih jauh, kata dia, Pemprov DKI memastikan tidak ada program baru yang keluar dari RKPD. "Tidak ada istilahnya keluar koridor, ngacak-ngacak juga tidak ada," jelas dia.


(SCI)

Ahok Tegaskan tak Pernah Umbar Janji saat Kampanye

Ahok Tegaskan tak Pernah Umbar Janji saat Kampanye

48 minutes Ago

Dia menegaskan hanya menyampaikan kinerjanya saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta defenit…

BERITA LAINNYA