Hasto Sambut Positif Kedatangan Kang Emil

Ilham wibowo    •    Rabu, 03 Jan 2018 12:48 WIB
pilgub jabar 2018
Hasto Sambut Positif Kedatangan Kang Emil
Sekjen PDIP Hasto Kristianto. (Foto: MI/Arya Manggala).

Jakarta: Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menyambut positif kehadiran Wali Kota Bandung Ridwan Kamil ke kantor DPP PDI Perjuangan. Kehadiran Kang Emil untuk membahas seputar Pilgub Jabar 2018. 

"Ini positif karena di dalam proses untuk mencari pemimpin, sebagai tanggung jawab PDIP bagi Jawa Barat, kami membuka ruang dialog itu," kata Hasto kepada wartawan di Jakarta, Rabu, 3 Januari 2018. 

Hasto menyampaikan akan menerima siapa pun yang datang ke kantor DPP PDI Perjuangan. Terlebih, Kang Emil dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri memiliki hubungan yang baik. 

"Mereka yang mengetok pintu ke PDIP tentu saja kami akan membukanya sebagai tata krama demokrasi kita yang baik. Nanti akan ada dialog. Ada hal-hal yang bisa kita gali bersama-sama untuk masa depan Jawa Barat," kata Hasto. 

Hasto mengungkapkan PDIP membuka peluang bagi siapa pun yang mengajukan diri untuk mendapat dukungan partai pada Pilgub Jabar. Partai punya dua opsi politik. 

Pertama, PDIP mengusung kombinasi antara internal dan eksternal. Opsi kedua, PDIP berkoalisi dengan mengusung mereka yang membuka persahabatan dan juga bersedia bergandengan tangan membangun Jabar. 

"Tentu saja ini kan membuka ruang dialog berdasarkan masukan banyak pihak termasuk partai politik yang selama ini mengusung Ridwan Kamil," ucap Hasto. 

Hasto menambahkan PDIP punya sejumlah kriteria untuk tokoh yang akan diusung sebagai calon kepala daerah. Tokoh pilihan PDIP, kata dia, tak cukup bermodalkan niatan untuk maju dalam pemilihan.

"Diperlukan kepemimpinan, pengalaman, komitmen, daya juang, karakter yang baik, tapi juga kesediaan untuk bersama-bersama bekerja sama. Dan PDIP bertugas mengorganisasi rakyat," tutur dia. 

Ridwan Kamil mendatangi mendadak mendatangi Kantor DPP PDI Perjuangan, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Rabu, 3 Januari 2017. 

Kang Emil datang mengenakan batik biru dan kopiah hitam. Dia mengaku datang untuk menjalin komunikasi politik. 

Hingga saat ini Kang Emil sudah didukung NasDem, PKB, PPP, dan Partai Hanura. Dia sudah mengantongi 24 kursi DPRD Jabar. Sanpai saat ini Kang Emil belum memutuskan pendampingnya. 




(REN)