e-LHKPN Diharap Tingkatkan Kesadaran Legislator

Whisnu Mardiansyah    •    Senin, 12 Feb 2018 13:04 WIB
kpkdprlhkpn
 e-LHKPN Diharap Tingkatkan Kesadaran Legislator
+Ketua KPK Agus Rahardjo memberikan keterangan pers terkait operasi tangkap tangan Wali Kota Tegal di gedung KPK, Jakarta. Foto: Antara/Hafidz Mubarak A.

Jakarta: Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo bersama Ketua DPR Bambang Soesatyo meresmikan layanan klinik elektronik laporan harta kekayaan penyelenggara negara (e-LHKPN). Sistem online ini diharap meningkatkan kesadaran legislator melaporkan harta kekayaannya. 

"Saya juga mengharapkan transparansi itu juga untuk layanan-layanan yang lain seperti yang penting bagi masyarakat adalah bagaimana diskusi tentang anggaran transparan bagi masyarakat," kata Agus di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Senin, 12 Februari 2018.

Menurut dia, sistem online ini mempermudah anggota DPR melaporkan harta kekayaan mereka. Bila kewajiban ini mereka jalankan, publik dapat mudah mengawasi para wakil rakyat. 

Baca: Kesadaran Penyelenggara Negara Melaporkan LHKPN di Jabar Rendah

Agus menjelaskan pembentukan e-LHKPN semakin mempersolid hubungan KPK dan DPR di sisa masa jabatan mereka. Pasalnya, dalam beberapa momen dan isu tertentu, kedua lembaga ini kerap berbenturan. 

"Hubungan baik dengan DPR dan masa tugas kita juga enggak lama lagi DPR 18 bulan. KPK kalau selamat 22 bulan mudah-mudahan," kata Agus. 


(OGI)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA