Pembagian Sertifikat Tanah Lampaui Target

Theofilus Ifan Sucipto    •    Kamis, 10 Jan 2019 14:55 WIB
sertifikat tanah gratis
Pembagian Sertifikat Tanah Lampaui Target
Presiden Jokowi saat membagikan sertifikat tanah. Foto: Medcom.id/Achmad Zulfikar Fazli.

Jakarta: Pembagian 3 ribu sertifikat tanah oleh Presiden Joko Widodo di Jakarta Barat diapresiasi. Sebab jumlah itu  melebihi target program redistribusi lahan pada 2018.
 
Anggota Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Dedek Prayudi mengatakan target program redistribusi lahan pada tahun 2018 adalah 7 juta sertifikat.
 
"Pada 2018, dari yang ditargetkan 7 juta sertifikat, Pak Jokowi telah membagikan 9 juta lebih sertifikat tanah," kata Dedek di Jakarta, Kamis 10 Januari 2019.
 
Pria yang akrab disapa Uki ini mengatakan tujuan pembagian sertifikat tanah adalah menghindari  potensi sengketa tanah.
 
"Buah manis dari komitmen pemerataan ekonomi ini sudah sepatutnya diapresiasi. Pak Jokowi menginginkan hak-hak rakyat kecil terkait tanah yang selama ini diabaikan, kini dikristalisasi melalui kepastian hukum dengan dibagikannya sertifikat tanah, sehingga rakyat terhindarkan dari potensi sengketa tanah" kata Uki.

Baca: Warga Beberkan Manfaat Sertifikat Tanah Pemberian Jokowi

Selain itu, pembagian sertifikat tanah merupakan bagian dari paket kebijakan pemerataan ekonomi Presiden Jokowi.
 
"Kalau bicara paket kebijakannya, ada banyak sekali, termasuk membangun konektivitas antar wilayah, pembangunan infrastruktur terutama daerah 3T (terluar, tertinggal dan terpencil), dan redistribusi aset dan lahan ini," lanjut Uki.
 
Uki mengatakan program pembagian sertifikat menuai hasil yang baik. Sebab, kata dia, ketimpangan selama 10 tahun dari 2004 -2014 berhasil menurun drastis.
 
“Maka tidak heran, ketimpangan yang selama 10 tahun tercatat meningkat tajam pada 2004-2014 di era pemerintahan sebelumnya, kini di era Jokowi turun terus dan ketimpangan kini mencapai titik terendah selama tujuh tahun terakhir,"  pungkas Uki.




(FZN)