Jimly Sebut Pidato Viktor Laiskodat Internal

Faisal Abdalla    •    Kamis, 10 Aug 2017 02:52 WIB
perppu pembubaran ormas
Jimly Sebut Pidato Viktor Laiskodat Internal
Ketua Fraksi Partai NasDem Victor Laiskodat (kanan). Foto: MI/Arya Manggala

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI), Jimly Asshidiqie mengatakan perkembangan teknologi komunikasi membuat masyarakat harus senantiasa menjaga perkataan. Pasalnya, setiap perkataan yang dikemukakan di forum internal sekalipun, bisa menyebar luas dengan cepat.

"Ngomong di dalam dan keluar sama saja, kalau dulu kita biasa ngomong ke dalam A, ngomong keluar B. Tetapi sekarang ngomong A di dalam, lima menit kemudian juga sudah tersebar ke seluruh dunia," ujar Jimly saat mengisi forum Ngaji Konstitusi di kawasan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu 9 Agustus 2017.

Jimly mencotohkan fenomena tersebut dengan polemik pidato ketua fraksi NasDem, Viktor Laiskodat. Ia berpendapat pidato Viktor sebetulnya bersifat internal, namun tersebar secara luas di media sosial.

Terkait dengan hal tersebut, Jimly mengimbau kepada semua pihak, terutama para pemimpin negeri agar senantiasa menjaga perkataannya. Menurutnya di era teknologi komunikasi seperti sekarang, semua pihak dituntut agar selalu berkata jujur, "Apa yang kita pikirkan dengan yang kita katakan harus sama, maka bicaralah yang baik-baik, atau diam saja," imbuh Jimly.

Selain itu Jimly juga mengimbau kepada semua pihak agar jangan cepat terpancing emosi hanya karena berita dari medsos. Menurutnya saat ini medsos adalah sumber utama panasnya situasi negeri akhir-akhir ini. "Jangan bereaksi sebelum klarifikasi.  Jangan bersikap semata-mata hanya dari berita medsos, ini tidak baik," tutup Jimly. 



(LDS)

Kematian Saksi Kunci KTP-el (3)

Kematian Saksi Kunci KTP-el (3)

3 hours Ago

Sebuah perusahaan asal Amerika Serikat ikut menyediakan teknologi perekaman KTP-el. Terselip na…

BERITA LAINNYA