Duet Jonan-Arcandra untuk Kejar Ketertinggalan

Golda Eksa    •    Jumat, 14 Oct 2016 17:06 WIB
kementerian esdm
Duet Jonan-Arcandra untuk Kejar Ketertinggalan
Menteri Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonandan Wakil Menteri (Wamen) ESDM Arcandra Tahar seusai mengikuti pelantikan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jumat (14/10). MI/Panca Syurkani.

Metrotvnews.com, Jakarta: Pelantikan Ignasius Jonan dan Arcandra Tahar sebagai Menteri dan Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral dinilai sebagai keputusan yang tepat. Keputusan Presiden Joko Widodo itu untuk menyelesaikan pelbagai persoalan yang menjadi tugas pokok di Kementerian ESDM.

"Yang paling tahu kebutuhan akan Kementerian ESDM adalah Presiden. Karena beliau yang memimpin Kabinet Kerja," kata Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Jumat (14/10).

Duet Jonan dan Arcandra diharapkan bisa menuntaskan tugas di Kementerian ESDM yang sempat tertinggal. Maklum, Arcandra Tahar hanya menduduki kursi Menteri ESDM selama 20 hari. Ia dicopot secara terhormat oleh Presiden Jokowi karena tersandung kasus dwikewarganegaraan: Indonesia dan Amerika Serikat.


Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman yang juga mantan Plt Menteri ESDM Luhut Binsar Pandjaitan, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. ANT/Widodo Jusuf.

Sejak itu posisi yang ditinggalkan Arcandra diisi Pelaksana Tugas Sementara Luhut Binsar Panjaitan. Luhut merupakan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman. Wiranto yakin Kementerian ESDM saat ini berada di tangan yang tepat.

"Kita mengharapkan Kementerian ESDM yang sudah utuh bahkan ada wakilnya, maka hal-hal yang menyangkut tugas pokok Kementerian ESDM akan tertangani dengan baik. Karena kita sudah ketinggalan beberapa waktu," kata Wiranto.

Wiranto menambahkan, penunjukkan menteri telah melalui sejumlah tahapan dan pertimbangan. Ia mengimbau, keputusan Presiden Jokowi tak dijadikan perdebatan.

"Oleh karena itu kita harus mendukung kehendak Presiden untuk memilih yang paling tepat, sesuai yang beliau pertimbangkan. Presiden yang nanti akan menyelesaikan berbagai permasalahan di Kabinet Kerja," jelas Wiranto.


(DRI)

Anies Baswedan Dukung Anti Kekerasan Perempuan

Anies Baswedan Dukung Anti Kekerasan Perempuan

2 hours Ago

Metrotvnews.com, Jakarta: Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri acara deklarasi …

BERITA LAINNYA