Pemerintahan Jokowi Konsisten Wujudkan Nawacita

Al Abrar    •    Rabu, 19 Oct 2016 14:53 WIB
dua tahun pemerintahan jokowi
Pemerintahan Jokowi Konsisten Wujudkan Nawacita
Presiden Joko Widodo didampingi Wapres Jusuf Kalla berdiskusi dengan Menkopolhukam Wiranto -- ANT/Yudhi Mahatma

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla konsisten mewujudkan janji Nawacita. Pemerintah terus membangun negara yang berkeadilan, kesejahteraan, dan keamanan bagi rakyat Indonesia.

Kabinet Kerja bekerja untuk mewujudkan Nawacita. "Saya melihat, apa yang dulu dijanjikan atau disampaikan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden JK mengenai Nawacita dilaksanakan dengan sangat konsisten dan serius," kata Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto saat menghadiri ulang tahun Fraksi Hanura di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (19/10/2016).

Sebelum menjadi Menkopolhukam di era Jokowi, Wiranto pernah membantu tiga presiden lainnya. Pada masa kepemimpinan Soeharto dan B. J. Habibie, Wiranto menjabat sebagai Menteri Pertahanan dan Keamanan sekaligus Panglima ABRI. Sedangkan pada era Presiden Abdurrahman Wahid, Wiranto depercaya sebagai Menteri Kordinator Politik Hukum dan Keamanan.

Namun, pada masa kepemimpinan Jokowi, kata Wiranto, dirasakan ada perubahan. Meski baru mencicipi jalannya pemerintahan selama dua bulan, Jokowi-JK dianggapnya mampu beradaptasi dengan membawa perubahan dalam berbagai hal.

"17 tahun lalu, saat saya juga menjabat Menkopolkam, kondisi lingkungan belum secepat dan sedinamis ini. Belum sekompleks ini. Pemerintahan saat ini betul-betul dapat menyesuaikan lingkungan yang sangat berubah cepat," ujar Wiranto.

Meski demikian, lanjut Wiranto, masih ada hal yang perlu dibenahi. Salah satunya adalah persoalan penegakan hukum.

"Saya melihat kesungguhan Presiden dengan kebijakan-kebijakan yang praktis, tapi langsung dapat diaplikasikan. Bukan yang penuh dengan pencitraan," pungkas Wiranto.


(NIN)