Pemerintah Siapkan 21,7 Juta Hektare Lahan untuk Mengurangi Kesenjangan

Achmad Zulfikar Fazli    •    Selasa, 14 Mar 2017 16:03 WIB
presiden jokowi
Pemerintah Siapkan 21,7 Juta Hektare Lahan untuk Mengurangi Kesenjangan
Presiden Joko Widodo. Foto: Antara

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah menyiapkan 21,7 juta hektara konsesi lahan buat masyarakat, tanah adat, koperasi hingga pondok pesantren. Tujuannya,  untuk mengatasi kesenjangan sosial ekonomi.
 
"Saat ini telah siap di Kementerian kehutanan 12,7 juta hektare. Kemudian di Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional ada 9 juta hektare," kata Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa 14 Maret 2017.
 
Namun, Jokowi tak secara rinci kapan pembagian itu selesai dilakukan. "Selesainya kapan? Silakan tanya ke menterinya," ucap dia.
 
Masalah konsesi lahan ini jadi pembahasan antara Presiden dan pimpinan lembaga negara dalam silaturahmi di Istana Merdeka. Ini merupakan salah satu cara mengurangi kesenjangan sosial ekonomi di Indonesia dengan melakukan redistribusi aset dan reforma agraria.
 
Wakil Ketua DPR Fadli Zon mendukung reformasi agraria yang dicanangkan oleh pemerintah. Pasalnya, itu merupakan amanat dari Undang-undang. "Tetapi tolong dilaksanakan dengan benar," kata Fadli.
 
Ia menilai rencana pemerintah membagi konsesi lahan sebesar 12,7 juta hektare dari Kemenhut dan 9 juta hektare dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang, baik. Namun, ia ingin semuanya harus diimplementasikan dengan baik.
 
Ia meminta Presiden bertanya ke menteri terkait untuk memastikan konsesi lahan tersebut benar tersedia. "Ini Presiden perlu periksa menteri-menterinya. Bener enggak ada yang mau dibagi-bagi. Jangan nanti kecele. Ternyata (yang) mau dibagi enggak ada, enggak signifikan," kata dia.
 
Ia mengaku telah mengingatkan Presiden. Sebab, DPR seringkali mendukung program pemerintah tetapi ujungnya batal.
 
"Itu kan angka-angka yang fantastis. Di mana barangnya? Setahu saya, sudah banyak dibagi-bagi tuh lahan perhutanan itu, menjadi perkebunan dan lain-lain," ujar Fadli.


(FZN)

Golkar Ancam Pecat Dolly Kurnia

Golkar Ancam Pecat Dolly Kurnia

2 hours Ago

Golkar akan menerapkakan aturan partai terhadap kader yang dianggap melanggar aturan dan indisi…

BERITA LAINNYA