DPR Masih Tampung Draf Revisi UU Ormas

Ilham wibowo    •    Senin, 13 Nov 2017 11:23 WIB
uu ormasperppu ormas
DPR Masih Tampung Draf Revisi UU Ormas
Wakil Ketua DPR Agus Hermanto. Foto: Metrotvnews.com/Gervin

Jakarta: DPR RI masih menampung usulan revisi undang-undang pengesahan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang tentang Organisasi Kemasyarakatan (Ormas). Hingga saat ini, baru Fraksi Partai Demokrat yang telah menyerahkan draf usulan revisi tersebut.

"Saat ini yang sudah disampaikan hanya Partai Demokrat, lainnya masih melaksanakan reses," kata Wakil ketua DPR Agus Hermanto di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Senin 13 November 2017.

Agus mengungkapkan pimpinan DPR akan membahas beberapa usulan fraksi itu bakal setelah masa reses yang berkahir pada 15 November 2017. Usulan yang telah tertampung kemudian akan dibahas pada sidang paripurna.

"Pimpinan terlebih dulu membahas revisi selanjutnya akan disampaikan di rapat paripurna," tuturnya.

Pembahasan revisi aturan pembubaran Ormas ini akan berlangsung panjang. Seluruh pihak yang terkait baik dari masyarakat maupun unsur pemerintah akan diminta hadir memberikan pandangan dan masukan.

"Kemudian nanti juga dibentuk panitia khusus (pansus) atau panitia kerja (panja) sesuai keputusan rapat Bamus," ujar Agus.

Baca: Kemenkumham tak Memusingkan Usulan Revisi UU Ormas

Perppu Ormas disahkan menjadi undang-undang pada 24 Oktober 2017. Pengesahan dilakukan melalui proses pemungutan suara atau voting karena paripurna tak menemui kesepakatan dalam musyawarah mufakat.

Wakil Ketua DPR Fadli Zon sebagai pimpinan rapat mengatakan keputusan voting dipilih setelah sebelumnya seluruh fraksi dipersilakan melakukan lobi politik pada jeda skors.

Hasilnya, sebagian besar anggota DPR menginginkan Perppu menjadi undang-undang. Hanya tiga fraksi yang menolak, yakni Partai Gerindra, PKS, dan PAN.




(UWA)