Cak Imin Bakal Bersikap soal Cawapres Tahun Depan

M Rodhi Aulia    •    Kamis, 21 Dec 2017 00:51 WIB
pkbpilpres 2019
Cak Imin Bakal Bersikap soal Cawapres Tahun Depan
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin)/ANT/Hafidz Mubarak

Jakarta: Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) didorong maju sebagai calon wakil presiden (cawapres) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Namun Cak Imin belum ingin mengambil sikap.

"Saya sampaikan saya butuh waktu berpikir berkonsultasi. Nanti mungkin awal tahun 2018, saya baru berkomentar dan memberi jawaban," kata Cak Imin di Kantor DPP PKB, Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat, Rabu 20 Desember 2017.

Cak Imin merasa tersanjung dan merasa perlu berterima kasih kepada masyarakat di daerah yang begitu semangat memberikan dukungan kepada dirinya. Cak Imin meminta mereka bersabar terlebih dahulu.

"Karena waktu masih panjang dan belum waktunya kita bicara calon presiden dan calon wakil presiden," ucap dia.

Baca juga: Cak Imin Bongkar Kontrak Politik dengan Rhoma Irama

Cak Imin menuturkan mekanisme pembicaraan soal cawapres dari PKB itu terdiri dari tiga level. Pertama, musyawarah pimpinan nasional. Kedua musyawarah alim ulama sekaligus istikharah.

"Yang ketiga level koordinasi dengan para pengurus Nahdalatul Ulama," ucap dia.

Cak Imin menambahkan dirinya tak tahu alasan didorong menjadi cawapres. Ia hanya menduga hal itu karena masyarakat memiliki harapan dan aspirasi terhadap dirinya.

"Saya enggak tahu itu aspirasi di bawah. Saya belum berpikir nanti kira-kira awal tahunlah," tandas dia.

Spanduk bergambar Cak Imin untuk maju sebagai cawapres marak beredar di berbagai daerah. Di antaranya di kawasan Bekasi, Jawa Barat.


(CIT)