Hadiri Rapimnas, Jokowi Akui Kalah Necis dengan SBY dan AHY

Whisnu Mardiansyah    •    Sabtu, 10 Mar 2018 13:00 WIB
jokowipartai demokratrapimnaspilpres 2019
Hadiri Rapimnas, Jokowi Akui Kalah Necis dengan SBY dan AHY
Presiden Joko Widodo resmi membuka Rapimnas Partai Demokrat di SICC, Bogor, Jawa Barat--Medcom.id/Whisnu Mardiansyah

Bogor: Presiden Joko Widodo resmi membuka Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Demokrat di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat. Ini kali kedua Presiden Joko Widodo hadir di acara Partai Demokrat, setelah sebelumnya di Kongres Partai Demokrat 2015.

"Saya ingat saat saya hadir di kongres Partai Demokrat ke 4 di Surabaya tahun 2015. Saya menyampaikan kalau diundang ke Partai Demokrat siap-siapnya setengah hari, terutama yang berkaitan dengan pakaian," kata Jokowi mengawali sambutannya saat Rapimnas Partai Demokrat di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Sabtu, 10 Maret 2018.

Jokowi mengakui soal urusan berpakaian dirinya kalah bergaya dengan sosok SBY. Dengan perawakan SBY yang lebih tegap dan gagah, Jokowi harus bisa menyesuaikan dengan penampilan SBY. 

"Sampai saat ini saya selalu merasa masih jauh sekali kalau urusan kerapian berpakaian dengan beliau Pak SBY. Ini juga sama, dari subuh sudah pakai jas yang mana, pakai dasi yang mana, karena saya harus nebak-nebak Pak SBY pakai pakaian yang mana," ujar Jokowi. 

Baca: SBY: Jika Allah Takdirkan, Demokrat Senang Berjuang Bersama Jokowi

Belum selesai dengan SBY, lebih jauh lagi ketika muncul sosok putranya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Jokowi mengaku kalah segalanya soal cara berpakaian dari suami Annisa Pohan itu. 

"Sekarang ini hadir Mas Agus Harimurti Yudhoyono. Ini lebih sulit lagi. Orangnya muda, ganteng, pinter, kalau berpakaian juga rapi dan cling, dengan saya lebih jauh lagi," ujarnya.

Baca: SBY Pastikan Demokrat Usung Capres dan Cawapres di 2019

Jika mendapatkan undangan dari Partai Demokrat ke depannya, Jokowi perlu memperhatikan detail jenis pakaian yang akan dikenakannya. "Kalau mau bersiap-siap hadir di undangan Partai Demokrat betul betul harus merinci dengan detail, karena ada Pak SBY dan Mas AHY," ungkapnya.

Pada acara itu Jokowi sendiri mengenakan setelan jas berwarna hitam dengan paduan dasi merah. Sementara SBY mengenakan setelan jas berwarna biru warna identik Partai Demokrat. Sementara, AHY mengenakan kemeja biru. 

Rapimnas Partai Demokrat digelar dua hari 10-11 Maret 2018. Acara tersebut juga dihadiri beberapa menteri dari kabinet kerja Jokowi-JK. Diantaranya, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menkopolhukam Wiranto. Serta Wakil Presiden ke 11 Boediono. 

Rapimnas yang diikuti seluruh unsur DPP, DPD, DPC hingga level pengurus anak cabang (PAC) Partai Demokrat se-Indonesia itu akan membahas strategi dan upaya partai untuk pemenangan Pilkada 2018 dan Pileg serta Pilpres 2019.



(YDH)