Pagi Ini, Presiden Lepas Bantuan untuk Pengungsi Rohingya

Yogi Bayu Aji    •    Rabu, 13 Sep 2017 06:00 WIB
rohingya
Pagi Ini, Presiden Lepas Bantuan untuk Pengungsi Rohingya
Presiden Jokowi. Foto: Antara/Puspa Perwitasari.

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo akan melepas bantuan untuk pengungsi dari Rohingya di Bangladesh, hari ini, Rabu 13 September 2017. Bantuan dikirim dari Bandara Halim Perdanakusuma dengan menggunakan pesawat TNI AU.

"Insyaallah. Besok (hari ini) tanggal 13 toh? Insyaallah," kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa 12 September 2017.

Menteri Keuangan Luar Negeri Retno Marsudi memastikan bantuan untuk pengungsi Rohingya di Bangladesh siap dikirimkan. Pengiriman bantuan diperkirakan akan dilakukan dalam beberapa kloter.

"Dengan pemerintah Bangladesh, dengan menteri luar negeri Bangladesh, tadi saya sampaikan bantuan kita sudah siap dalam waktu dekat ini," kata Retno.

Baca: Tragedi Rohingya Tragedi Kita

Menurut dia, bantuan dikirimkan ke Bangladesh mengingat ada sekitar 290 ribu pengungsi yang berada di sana. Pengungsi kebanyakan lari ke negeri yang bersebelahan dengan Myanmar itu.

Untuk pengungsi di Myanmar, Indonesia masih menunggu daftar kebutuhan dari pemerintah Myanmar. Dari daftar itu nantinya bantuan akan disiapkan pemerintah Indonesia.

"Kita sudah menerima informasi dari beberapa pihak bayangan sih kita sudah ada tapi sekali lagi kita menunggu list yang akan disampaikan oleh pemerintah Myanmar," ujar Retno.

Retno pun terus berkomunikasi dengan Kementrian Luar Negeri serta International Committee of the Red Cross (ICRC). Pemerintah Myanmar, kata dia, akan terbuka dalam penyerahan bantuan ini.




(AZF)

KPK Optimis Menang di Praperadilan Setya Novanto

KPK Optimis Menang di Praperadilan Setya Novanto

2 hours Ago

KPK optimis memenangkan gugatan praperadilan tersangka korupsi ktp-el Setya Novanto. KPK akan m…

BERITA LAINNYA