Agar Pramuka Diterima Generasi Millenial

Anggi Tondi Martaon    •    Selasa, 15 Aug 2017 10:35 WIB
pramukakepramukaan
Agar Pramuka Diterima Generasi Millenial
Foto: dok Metrotvnews.com

Metrotvmews.com, Jakarta: Senin 14 Agustus 2017, Praja Muda Karana (Pramuka) memasuki usia ke-56 tahun. Ketua DPR Setya Novanto berharap Pramuka mampu menjadi wadah pendidikan anak muda dan berkarya untuk bangsa.

"Pramuka yang memiliki arti jiwa muda yang suka berkarya terus memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara," kata Novanto dalam keterangan tertulis, Senin 14 Agustus 2017.

Politikus Partai Golkar itu mengungkapkan, sejarah menunjukan gerakan kepanduan yang dipelopori kaum muda ikut andil dalam perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Gerakan kepanduan seperti Pramuka harus mampu melanjutkan perjuangan dengan mengisi kemerdekaan.

"Terutama dalam menguatkan persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika," ujar dia.

Novanto menyebutkan, saat ini setidaknya ada dua tantangan besar yang dihadapi Indonesia, yaitu peredaran narkoba dan ancaman disintegrasi bangsa. Karena itu, kegiatan kepramukaan sangat penting bagi anak-anak Indonesia.

Novanto menilai kegiatan Pramuka di alam terbuka dengan berbagai aktivitas menarik dan menyenangkan, serta sistem nilai yang didasarkan pada Satya dan Darma Pramuka, jiwa-jiwa muda dididik akhlak, watak, serta budi pekerti yang luhur. Tak hanya itu, Gerakan Pramuka juga mengajarkan sikap patriotik, nasionalisme, dan bersahabat dengan alam.

"Sehingga menumbuhkan tunas bangsa menjadi generasi yang dapat menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, bertanggung jawab serta mampu mengisi kemerdekaan dengan karya yang positif," sebut Novanto.

Dengan kemajuan teknologi, Novanto berharap Parmuka lebih aktif mengampanyekan, menyebarkan, dan memberikan inspirasi bagi kaum muda melalui media sosial. Sehingga gerakan Pramuka bisa hadir dan diterima generasi millenial.

Novanto mengatakan, DPR akan terus memberikan dukungan kepada gerakan Pramuka sebagai garda terdepan dalam membentuk karakter jati diri kaum muda.

"Melalui fungsi anggaran, Pramuka mendapatkan total anggaran dari negara sebesar Rp34 Miliar. Tak menutup kemungkinan tahun mendatang anggaran tersebut bisa dinaikan, seiring banyaknya kegiatan positif yang dilakukan Pramuka," tandas dia.


(TRK)

Istri Besuk Setya Novanto di Rutan KPK

Istri Besuk Setya Novanto di Rutan KPK

3 hours Ago

Keluarga telah diizinkan untuk membesuk Setya Novanto di Rutan KPK. Istri didampingi dua kolega…

BERITA LAINNYA