Kubu Jokowi-Ma'ruf tak Resah SBY Jadi Jurkam Prabowo-Sandi

Arga sumantri    •    Kamis, 13 Sep 2018 18:23 WIB
pilpres 2019Jokowi-Ma`ruf
Kubu Jokowi-Ma'ruf tak Resah SBY Jadi Jurkam Prabowo-Sandi
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. Medcom.id/ Whisnu Mardiansyah.

Jakarta: Koalisi pendukung pasangan capres dan cawapres Joko Widodo-Ma'ruf Amin menanggapi santai wacana Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang diisukan bakal menjadi juru kampanye pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. 

Sekjen PDI-Perjuangan Hasto Kristiyanto meniali hal yang wajar apabila ketua umum partai pengusung pasangan Prabowo-Sandiaga ditunjuk menjadi juru kampanye. 

"Namanya ketua umum partai politik pengusung secara otomatis jadi jubir (juru bicara) sama dengan kami," kata Hasto di Posko Cemara 19, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 13 September 2018.

Hasto mengatakan koalisi petahana juga menjadikan para ketua umum partai pengusung menjadi juru bicara. Ia mengklaim para ketum parpol pengusung petahana tidak kalah mumpuni dibandingkan SBY. 

"Semua menjadi jurkam (juru kampanye) karena ini pemilu legislatif dan presiden itu satu nafas perjuangan," ujar Hasto.

Hasto juga tidak khawatir suara di Jawa Timur tempat kelahiran SBY bakal tergerus karena Presiden ke-6 tersebut ikut turun tangan. Jatim merupakan salah satu lumbung suara Jokowi di Pilpres 2014. "Jatim pemilu yang lalu dimenangkan Pak Jokowi," ujar dia.

Senada dengan Hasto, Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate juga menganggap penunjukan SBY sebagai juru kampanye sebagai hal yang biasa. Johnny mengatakan petahana juga memiliki sosok mantan presiden yang serupa SBY. 

"Di koalisi kami juga ada mantan presiden. Ketua-ketua partainya ada sembilan bahkan, ada banyak kepala daerahnya," singkat Johnny.


(SCI)