Survei: Masyarakat Puas dengan Kinerja Jokowi-JK

Candra Yuri Nuralam    •    Selasa, 15 Jan 2019 08:25 WIB
kabinet jokowi-jk
Survei: Masyarakat Puas dengan Kinerja Jokowi-JK
Direktur Eksekutif Y-Publica, Rudi Hartono. Medcom.id/ Candra Yuri

Jakarta: Lembaga jajak pendapat Y-Publica mengatakan masyarakat Indonesia puas dengan kinerja Presiden-Wakil Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla. 

Direktur Eksekutif Y-Publica, Rudi Hartono mengatakan saat ini tingkat kepuasan masyarakat terhadap pemerintah berada di angka 70,3 persen atau meningkat dari sebelumnya 70,9 persen. Hal ini, kata dia, masih berada di batas stagnan.

“Bahkan, tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan Jokowi -Jusuf Kalla cenderung stagnan di angka 70 persen semenjak beberapa bulan terakhir ini," kata Direktur Eksekutif Y-Publica, Rudi Hartono di Menteng, Jakarta Pusat, Senin 14 Januari 2019.

Rudi menambahkan, dari survei yang dilakukan Y-Publica, kebanyakan responden puas dengan pembangunan infrastruktur dan pemberantasan korupsi. 

"77,6 responden puas dengan pembangunan infrastruktur, 76,2 persen puas dengan pemberantasan korupsi, hubungan luar negeri 72,5 persen, penegakan hukum 72,6 persen, dan pendidikan 71,4 persen," ujar Rudi.

Namun, Rudi menambahkan, kepuasan masyarakat terhadap persoalan ekonomi masih menjadi perkara di akhir masa jabatan Jokowi-JK. Masalah lapangan pekerjaan dan pendidikan dinilai masih menjadi problematika.

“Persoalan lapangan kerja 20,2 persen, korupsi 13,7 persen, kesenjangan sosial 8,1 persen, narkoba 7,8 persen, kesehatan 7,6 persen, dan biaya pendidikan 7 persen,” tutur Rudi.

Sebagai informasi, survei Y-Publica dilakukan pada 26 Desember 2018 hingga 8 Januari 2019 dengan mewawancarai 1200 responden yang dipilih menggunakan metode multistage random sampling (acak bertingkat). Margin error dalam survey ini adalah 2,98 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.


(SCI)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

2 weeks Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA