Komisi III tidak Mau Mulai RDP tanpa Kehadiran Ketua KPK

Renatha Swasty    •    Senin, 17 Apr 2017 11:34 WIB
kpk
Komisi III tidak Mau Mulai RDP tanpa Kehadiran Ketua KPK
Ilustrasi: Gedung MPR/DPR/DPD. Foto: Antara.

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi III DPR RI memutuskan menunda rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hal itu lantaran Ketua KPK Agus Rahardjo berhalangan hadir.

"Perlu kami beritahukan, bahwa sudah menjadi kebiasaan dan tradisi di Komisi III, tidak pernah kita melayani rapat kerja dan rapat dengar pendapat yang tidak dihadiri oleh pimpinannya," kata pimpinan rapat Benny K. Harman di Ruang Kerja Komisi III, Gedung DPR, Jakarta Pusat, Senin 17 April 2017.

Rapat dengar pendapat Komisi III dengan DPR sejatinya dimulai pukul 10. 00 WIB. Namun, rapat baru akan digelar kembali pukul 19.30 WIB hari ini.

Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan sebelumnya menjelaskan kalau Agus tidak bisa hadir lantaran tengah ke Situ Lembang, Bandung, Jawa Barat. Dia menghadiri ulang tahun Kopassus.

Meski tidak hadir, Basaria menekankan kepemimpinan KPK adalah kolektif kolegial. Apa yang diputuskan oleh empat pimpinan lain adalah keputusan KPK secara keseluruhan.

"Kami sudah bicarakan ini sejak ada undangan dari Komisi III DPR dan sudah kami bahas berulang-ulang jawaban yang kami berikan, dan sudah tertulis juga di sini, dan nanti tinggal kami bacakan saja," tambah Basaria.

Baca: DPR akan Panggil Dirjen Imigrasi dan KPK

Basaria juga meminta supaya kalaupun ditunda, rapat tidak digelar pada hari ini. Sebab, tidak satupun dari pihaknya dapat meminta Agus kembali dengan cepat ke Jakarta lantaran di Situ Lembang tidak ada sinyal.

"Nanti kita janji juga hari ini, sementara kita tidak ada komunikasi, membuat waktu kita habis. Kalau harus ditunda, berarti tidak hari ini," imbuh Basaria.

Namun demikian, Komisi III tetap ngotot supaya rapat dilakukan hari ini. Mereka bakal menunggu Agus pulang dan memulai rapat pada malam hari. "Jadi rapat saya skors sampai pukul 19.30 WIB," tegas Benny.



(OGI)