Anies Tegaskan Ahok-Djarot Selamanya Kawan

Whisnu Mardiansyah    •    Rabu, 19 Apr 2017 20:18 WIB
pilgub dki 2017
Anies Tegaskan Ahok-Djarot Selamanya Kawan
Pasangan Basuki-Djarot bersalaman dengan pasangan Anies-Sandi usai berdebat. Antara Foto/Hafidz Mubarak

Metrotvnews.com, Jakarta: Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memuji kematangan berdemokrasi warga Jakarta. Tak terkecuali rivalnya Basuki 'Ahok' Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat yang ia sebut sebagai mitra berdemokrasi.

"Alhamdulilah warga Jakarta terbukti tunjukan pada dunia, masyarakatnya bisa berdemokrasi dengan matang," kata Anies di DPP Partai Gerindra, Jakarta Selatan, Rabu 19 April 2017.

Anies mengatakan hasil dan proses demokrasi di Pilkada putaran kedua ini bukan hanya Kemenangan Anies-Sandi tetapi juga ada kontribusi dari rivalnya Ahok-Djarot. Anies menegaskan tidak ada sama sekali permusuhan antara dirinya dengan Ahok-Djarot.

"Kita tegaskan tidak ada permusuhan. Memang ada lawan tapi bukan musuh. Musuh saling menghabisi tali kawan saling menguatkan," tegas Anies.

Mantan Menteri Pendidikan itu menyebut, proses demokrasi dan Pilkada adalah proses unjuk gagasan bersama. Adapun rivalitas mereka selama Pilkada adalah proses berdinamika dalam proses berpolitik.

"Musuh saling menghabisi, saling meniadakan. Lawan saling menguatkan, saling mendorong. Lawan dalam pemilu adalah teman dalam berdemokrasi. Lawan dalam debat adalah teman dalam berpikir," pungkas dia. 

Anies-Sandi unggul jauh dalam proses hitung cepat yang dilakukan sejumlah lembaga. Baik Ahok maupun Djarot sudah mengakui kekalahan itu. 



(REN)