Menkumham: Kewarganegaraan Arcandra Sudah Beres

Yogi Bayu Aji    •    Jumat, 14 Oct 2016 16:40 WIB
kewarganegaraan arcandra tahar
Menkumham: Kewarganegaraan Arcandra Sudah Beres
Wamen ESDM Arcandra Tahar mengucapkan sumpah jabatan saat upacara pelantikan yang dipimpin Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Jumat (14/10/2016). Foto: Antara/Yudhi Mahatma

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly memastikan sudah tidak ada masalah dengan kewarganegaraan Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arcandra Tahar. Arcandra akan aman-aman saja.

"Sudah beres, mantap," kata Yasonna di Kompleks Istana, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat (14/10/2016).

Politikus PDI Perjuangan itu menuturkan, Arcandra sudah 100 persen warga Indonesia. Kementerian Hukum dan HAM, kata dia, sudah mengurusnya pada Agustus dan September lalu.

Di lain pihak, Arcandra enggan banyak bicara soal masalah kewarganegaraan. Kendati demikian, penegasan status kewarganegaraan Arcandra oleh Kementerian Hukum dan HAM sempat didugat.

"Saya kira semua permasalahan sudah diselesaikan. Alhamdulillah, saya sekarang dilantik oleh Bapak Presiden (Joko Widodo)," kata dia.


Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Menteri Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan (kiri) dan Wakil Menteri (Wamen) ESDM Arcandra Tahar memberikan keterangan kepada wartawan seusai pelantikan di Istana Negara, Jumat (14/10/2016). Foto: MI/Panca Syurkani

Diketahui, mantan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan dilantik sebagai menteri ESDM baru. Sebagai wakilnya, Presiden menunjuk mantan Menteri ESDM Arcandra Tahar.

Hal ini membuat kursi kepemimpinan Kementerian ESDM kembali terisi setelah Arcandra diberhentikan, 15 Agustus lalu. Dia meninggalkan kursi pimpinan ESDM karena memiliki masalah dwikewarganegaraan, yaitu Amerika Serikat dan Indonesia.

Pria asal Padang yang lama tinggal di Amerika Serikat hanya 20 hari menjadi pembantu Presiden. Sepeninggal Arcandra, Jokowi menunjuk Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan sebagai pelaksana tugas menteri ESDM.

 


(MBM)