Annisa Pohan Curhat Kesulitan Cari Batik Betawi

M Rodhi Aulia    •    Rabu, 19 Oct 2016 16:44 WIB
pilgub dki 2017
Annisa Pohan <i>Curhat</I> Kesulitan Cari Batik Betawi
Annisa Pohan bersama Agus Harimurti Yudhoyono melihat giat warga Cilandak, Jakarta Selatan, memproduksi batik betawi. (Foto: MTVN/ Aulia)

Metrotvnews.com, Jakarta: Annisa Pohan ikut mendampingi suaminya, Agus Harimurti Yudhoyono, berkunjung ke Sentra Batik Betawi Terogong. Annisa mengaku senang melihat giat kelompok masyarakat melestarikan warisan leluhur.

"Jadi memang saya sempat kesusahan mencari batik Betawi karena tidak segampang (mencari) batik-batik di tempat lain. Motif-motif asli juga sudah jarang dibuat. Saya senang ada sentra batik di sini," kata Annisa, di kawasan Cilandak Barat, Jakarta Selatan, Rabu (19/10/2016).

Annisa berharap para pengerajin di sentra batik ini dapat mengembangkan desain atau motif, tanpa menghilangkan unsur tradisionalnya.

"Harapannya ke depan adalah bersama-sama masyarakat Betawi bisa mengembangkan dan membesarkan batik Betawi. Dengan desain yang lebih beragam dan lebih mudah dicari," ujar dia.

Sementara itu, Agus mengatakan, jika dirinya terpilih sebagai gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 akan membantu mempopulerkan batik Betawi. Tidak hanya di Jakarta, Indonesia, tapi juga mancanegara.

"Saya bersyukur berkesempatan mengunjungi secara langsung pengerajin batik Betawi," kata dia.

Ketua Sentra Batik Betawi Terogong Siti Laela mengaku, selain melestarikan. Sentra yang didirikan pada 2012 ini mampu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

"Di sini ada 17 pengerajin. 15 perempuan dan 2 laki-laki. Bisa membantu suami mencari penghasilan," ucap dia.

Laela menambahkan, karya batik mereka tidak hanya diminati masyarakat di Jakarta saja. Tapi juga ada dari kota lain, "walaupun masih partai kecil," kata dia.

Laela berharap, sentra batiknya dapat lebih diperhatikan lagi. Dia mengidamkan tempat strategis dan terintegrasi. Baik untuk produksi, maupun pemasarannya.


(MEL)