Said Aqil Dukung Mahfud MD Jadi Cawapres Jokowi

Achmad Zulfikar Fazli    •    Rabu, 11 Jul 2018 19:02 WIB
pilpres 2019
Said Aqil Dukung Mahfud MD Jadi Cawapres Jokowi
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj - MI/Rommy Pujianto.

Jakarta: Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj mendukung mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD menjadi pendamping Joko Widodo. Namun, ia menyerahkan sepenuhnya kepada Jokowi.

"Ya terserah Pak Jokowi, jika sudah memenuhi kriteria beliau," kata Said Aqil di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu, 11 Juli 2018.

Nama Mahfud digadang-gadang menjadi salah satu yang digodok oleh Jokowi. Selain Mahfud, ada nama Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Rais Aam PBNU Ma'ruf Amin, hingga Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Mahfud mengaku memantau perkembangan politik di Tanah Air saat dirinya santer diisukan bakal mendampingi Jokowi di Pilpres 2019. Mahfud bakal menjawab kesiapannya menjadi cawapres usai mendapat kepastian. 

(Baca juga: Pengamat: Mahfud Ideal untuk Jokowi)

"Nanti saya jawab. Saya jawabnya ke Pak Jokowi," kata Mahfud ditemui di acara HUT ke-72 Bhayangkara, Istora, Senayan Jakarta, Rabu, 11 Juni 2018. 

Mahfud enggan menjabarkan secara detail komunikasi yang telah terbangun dengan calon petahana itu. Ia juga mengaku tak ikut secara aktif dalam bursa. 

Sementara itu, Jokowi saat ini masih menggodok sejumlah nama yang bakal menjadi cawapres. Bahkan, kata Jokowi, dari 10 nama yang muncul saat ini sudah mengerucut menjadi lima nama.

Sayangnya, Jokowi belum mau mengungkapkan lima nama kandidat pendampingnya itu. Dia mengaku akan membahas nama-nama yang ada dengan partai pendukung. Dia memastikan akan mengumumkannya pada waktu yang tepat.




(REN)