Aplikasi DPR Now! Diharapkan Digunakan hingga Pelosok Daerah

Anggi Tondi Martaon    •    Selasa, 02 Oct 2018 17:02 WIB
berita dpr
Aplikasi DPR Now! Diharapkan Digunakan hingga Pelosok Daerah
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Foto:MI/Pius Erlangga)

Jakarta: DPR RI mulai memanfaatkan teknologi dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Baru-baru ini, lembaga legislatif pusat itu meluncurkan aplikasi DPR Now!

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengatakan, aplikasi DPR Now! mulai dimanfaatkan masyarakat. Sejak diluncurkan pada 29 Agutus 2018, partisipasi masyarakat menyalurkan aspirasi meningkat pesat.

"Aduan yang masuk bisa langsung ditampung dan ditindaklanjuti karena mekanisme pelaporannya lebih cepat, memangkas jarak, serta birokrasi," kata Bamsoet dalam keterangan tertulis, Selasa, 2 Oktober 2018.

Politikus Partai Golkar itu mengungkapkan, saat baru dirilis user yang mengunduh 517 orang. Memasuki pekan pertama September, meningkat drastis menjadi 3.865.

"Pekan kedua mencapai 4.716, pekan ketiga mencapai 5.153 sampai pada posisi akhir September mencapai 5.524," kata Bamsoet.

Data tersebut menunjukkan peningkatan user mencapai 10 kali lipat. Karena itu, mantan Ketua Komisi III DPR RI ini optimistis sampai dengan akhir 2018 pengguna aplikasi DPR Now! akan semakin masif hingga pelosok daerah.

Untuk jumlah pengaduan juga mengalami perkembangan. Pada awal launching, jumlah aspirasi sebanyak 16 aduan.

"Memasuki pekan pertama terdapat 38 aduan, pekan kedua masuk sebanyak 30 aduan, pekan ketiga 11 aduan, dan menutup akhir September ada 3 aduan. Total yang masuk 98 aduan," kata Bamsoet.

Menyambut Pemilu 2019, aplikasi DPR Now! mengalami pembaruan dengan fitur Informasi Daftar Anggota DPR RI periode saat ini. Melalui fitur tersebut, masyarakat bisa memperoleh rekam jejak anggota, mulai dari data pribadi, riwayat pendidikan, pekerjaan, organisai, pergerakan, dan penghargaan.

"Dengan demikian masyarakat bisa menilai kinerja setiap anggota dewan. Apakah yang bersangkutan layak dipilih kembali atau tidak pada Pemilu 2019 mendatang. Rakyat yang akan menentukan siapa wakilnya yang akan duduk di DPR," kata Bamsoet.


(ROS)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

1 month Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA