Tes Kesehatan Capres Diharapkan Rampung Sebelum 20 September

Ilham wibowo    •    Minggu, 12 Aug 2018 13:40 WIB
pilpres 2019
Tes Kesehatan Capres Diharapkan Rampung Sebelum 20 September
Ketua KPU Arief Budiman. Foto: Medcom.id/Ilham Wibowo.

Jakarta: Pemeriksaan kesehatan bakal calon presiden dan wakil presiden diharapkan berjalan dengan lancar. Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengharapkan, seluruh berkas rampung sebelum penetapan kandidat pada 20 September 2018. 

"Bagian akhir pencalonan 20 september 2018 itu akan kami tetapkan," ujar Ketua KPU Arief Budiman di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta, Minggu, 12 Agustus 2018. 

Sesi pertama, pemeriksaan kesehatan dilakukan terhadap bakal calon Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama bakal calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Sementara kandidat bakal calon presiden Prabowo Subianto serta pasangannya Sandiaga Uno dijadwalkan untuk diperiksa kesehatannya pada Senin, 13 Agustus 2018. 

"Satu kali saja (pemeriksaan), tapi kalau perlu didalami pihak RS akan melakukan pendalaman," ujarnya. 
  
Arief menegaskan pihaknya menyerahkan sepenuhnya pelaksanaan ini kepada tim kedokteran yang merupakan gabungan dokter PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan dokter RSPAD. Hanya tim dokter spesialis yang tak terikat dengan pencalonan pasangan calon dilibatkan untuk memeriksa. 

"Lamanya terserah rumah sakit saja, tetapi ada batasannya, selain dokumen kesehatan ada juga yang lain perlu disiapakan. Kita lihat saja hasilnya," ujarnya. 

Baca: KPU Percayakan Tes Kesehatan ke RSPAD

Ketua Tim Pemeriksa Kesehatan Bacapres dan Bacawapres Pemilu 2019, Ilham Oetama Marsis menyebut pihaknya berkomitmen untuk secepatnya menyerahkan hasil tes kepada KPU. Ia mengharapkan proses yang dijalani selama 12 jam ini bisa berjalan dengan baik. 

"Hasil pemeriksaan sendiri paling lambat harus disampaikan kepada KPU Rl dua hari setelah pemeriksaan selesai dilakukan," ujar Ketua Umum PB IDI ini. 




(DMR)