Partai Lain Diharapkan Menyontoh ABN NasDem

Fachri Audhia Hafiez    •    Kamis, 12 Apr 2018 15:49 WIB
partai nasdembela negara
Partai Lain Diharapkan Menyontoh ABN NasDem
Gubernur ABN NasDem I Gusti Kompyang (IGK) Manila. Foto: Medcom.id/Fachri.

Jakarta: Akademi Bela Negara (ABN) Partai NasDem mengundang petinggi media dari Jawa Tengah. Para petinggi media memandang, partai lain bisa mencontoh ABN NasDem dalam membangun karakter kader partai.
 
"Karena NasDem satu-satunya partai politik yang membuat ABN secara formal. Ini bisa dijadikan contoh partai lain, atau lembaga lain," kata salah satu petinggi Suara Pembaruan, Stefy Thenu di ABN NasDem, Jalan Pancoran Timur 2D No. 26, Jakarta Selatan, Kamis, 12 April 2018.
 
Menurut Stefy, diklat kader parpol mampu membuat generasi Indonesia lebih baik. Sebab, mereka dibekali pendidikan karakter dan kedisiplinan.
 
"Partai politik ke depannya tidak hanya menghasilkan tokoh atau elit politik yang membuat negara kisruh dengan kasus korupsi. Bahkan, pertentangan antar elit," ujar Stefy.
 
Stefy juga mengharapkan ada pendidikan jurnalistik yang dimasukan dalam kurikulum ABN NasDem. Terlebih, Surya Paloh sebagai pemilik Media Group telah mencetak generasi wartawan yang berkualitas.

Baca: Akademi Bela Negara Nasdem Diharapkan jadi Perangsang Parpol Lain

Gubernur ABN NasDem I Gusti Kompyang (IGK) Manila menjelaskan, kurikulum mengenai jurnalistik bisa dipertimbangkan. Perlu dibicarakan lebih jauh mengenai penambahan bidang keilmuan tersebut.
 
"Kami membuat kurikulum apa saja jika memang diperlukan. Kalau materi wartawan apakah militansinya, kecerdasannya, bisa santun berpolitik, bisa pula menulis lebih efektif," tutur IGK Manila.
 
Hari ini sejumlah petinggi media asal Jawa Tengah menyambangi ABN NasDem. Salah satu agenda utamanya adalah berdiskusi serta memperkenalkan kepada media secara garis besar ABN NasDem.
 
Rombongan media yang hadir berasal dari ranah cetak maupun online. Mereka diantaranya, Jateng Pos, LKBN Antara, Radar Jawa Pos, Wawasan, KR Yogya, Suara Merdeka, Tribun Jateng, Suara Pembaruan, dan Media Indonesia.
 
IGK Manila mengatakan, ABN NasDem terbuka bagi siapa saja yang ingin datang berkunjung, tidak hanya dari kalangan media.
 
"Siapa saja yang mau ABN, kami dengan senang hati menerima berbagai kalangan," pungkas IGK Manila.




(FZN)