Ingatlah Pancasila & UUD 1945 sebagai Kesepakatan Tertinggi

Astri Novaria    •    Rabu, 17 May 2017 16:05 WIB
nkri
Ingatlah Pancasila & UUD 1945 sebagai Kesepakatan Tertinggi
Antara Foto/Agus Bebeng

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia Jimly Asshiddiqie meminta seluruh warga Indonesia merajut kerukunan. Ingatlah Pancasila dan UUD 1945, kesepatakan tertinggi kita sebagai bangsa.

"Yang harus kita jaga adalah kerukunan hidup berbangsa. Pancasila dan UUD 1945 merupakan kesepakatan tertinggi kita sebagai bangsa. Jangan dikhianati, kalau ada jalan pikiran yang tidak cocok dengan itu harus menyesuaikan diri dengan kesepakatan umum," kata Jimly di Wisma Elang Laut, Jakarta, Rabu 17 Mei 2017.

Dia menyampaikan, pihak yang mempunyai pendapat berbeda itu hal wajar saja. Apabila itu diorganisir menjadi suatu organisasi, ia menegaskan, tidak boleh bertentangan dengan kesepakatan tertinggi bangsa ini.

"Tidak boleh berbenturan dengan Pancasila dan UUD 1945. Tidak boleh mengorganisir kebencian dan permusuhan. Kalau itu dilangar, bisa kita bubarkan. Negara harus tegas," ungkapnya.

Disisi lain, sambung dia, masyarakat jangan larut dalam kebencian. Saat ini, dengan adanya media sosial, isu-isu yang seharusnya dibicarakan pada ranah privat dengan mudah tersebar. Dampaknya, ujaran kebencian merajalela dan sebagian menjadi provokasi.

Jimly, awalnya menganggap sepele apa yang terjadi di media sosial selama Pilkada DKI 2017. Ia menduga pengelompokkan masyarakat akan selesai setelah Pilkada DKI.

"Tapi ternyata pilkadanya sudah selesai, ketegangan ini belum juga usai."

Ia mengajak masyarakat urun rembug bagaimana melerai garis keras sebelah kiri dan garis keras sebelah kanan. Mari melihat masalah bangsa ini untuk peradaban jangka panjang.

Para tokoh mestinya berkumpul untuk berdialog bukan hanya mendengar kalangan sendiri, tapi semua. "Saatnya kita buktikan, kita bisa hidup rukun sebagai bangsa," pungkas Jimly.


(TRK)