Panja Mulai Bahas DIM RUU MD3

Renatha Swasty    •    Senin, 17 Apr 2017 12:34 WIB
uu md3
Panja Mulai Bahas DIM RUU MD3
Ketua Badan Legislatif DPR RI, Supratman Andi Agtas--MI/Susanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Panitia Kerja Revisi UU MPR, DPR, DPD, DPRD (MD3) mulai membahas daftar inventaris masalah (DIM) yang dikirim pemerintah. Pembahasan diharapkan tak memakan waktu lama.

"Hari ini kita jadwalkan pembahasan di tingkat Panja (panitia kerja). Jadi kita akan coba untuk bahas DIM satu per satu bersama-sama dengan pemerintah," kata Ketua Badan Legislatif DPR RI, Supratman Andi Agtas di Gedung DPR, Jakarta Pusat, Senin 17 April 2017.

Supratman membeberkan dinamika 10 fraksi di DPR terus berkembang. Ada fraksi-fraksi yang juga minta diakomodasi buat dapat kursi pimpinan. Tapi, menurut dia, itu wajar. Yang jelas, keputusan tergantung pada kesepakatan.

"Kemungkinan-kemungkinan yang lain itu masih ada dan tentu sangat ditentukan oleh bersama-sama nanti oleh pemerintah," tambah dia.

Dia berharap, sebelum masa reses tiba pembahasan bisa selesai. Untuk itu harus ada kesepakatan cepat antara DPR dan pemerintah supaya tidak membuang banyak waktu.

Baca: DPR Tunggu Surat Presiden buat Revisi UU MD3



Sebelumnya, Badan Legislasi (Baleg) DPR RI memutuskan secara resmi memasukan revisi Undang-Undang Nomor 42 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (MD3) ke dalam Prolegnas 2016. Keputusan ini diambil dalam rapat bersama Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly.

Revisi UU MD3 diminta oleh PDI Perjuangan sebagai partai pemenang pemilu. Mereka minta supaya mendapat kursi pimpinan.

Belakangan, sejumlah fraksi juga meminta kursi pimpinan. Sejauh ini yang meminta kursi pimpinan yakni PKB dan PPP. Sedang PKS meminta kursi MKD dikembalikan.


(YDH)

Novanto Jalani Sidang Perdana Hari Ini

Novanto Jalani Sidang Perdana Hari Ini

28 minutes Ago

Agenda sidang perdana ialah pembacaan surat dakwaan oleh jaksa penuntut umum pada KPK.
 

BERITA LAINNYA