Pansus Angket KPK Siap bila Masa Kerja Diperpanjang

Husen Miftahudin    •    Senin, 18 Sep 2017 17:14 WIB
angket kpk
Pansus Angket KPK Siap bila Masa Kerja Diperpanjang
Gedung MPR/DPR/DPD. Foto: MTVN/Gregorius Yohandi.

Metrotvnews.com, Jakarta: Panitia Khusus Hak Angket KPK siap bila masa kerjanya diperpanjang. Keputusan diperpanjang atau tidaknya masa kerja Pansus Angket akan dibahas dalam rapat paripurna pada 28 September 2017.

"Apapun keputusannya, Pansus sudah siap, apakah diperpanjang atau tidak," kata Wakil Ketua Pansus Angket KPK Taufiqulhadi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin 18 September 2017.

Pansus Angket mulai bekerja pada 4 Juli 2017. Masa tugas Pansus akan berakhir pada 28 September 2017.

Pansus Angket membeberkan empat poin dugaan pelanggaran KPK. Hal itu menyangkut tata kelola kelembagaan, anggaran, sumber daya manusia, dan penegakkan hukum pemberantasan korupsi.

Sebelum membeberkan dokumen hasil pelanggaran KPK di rapat paripurna, Pansus berencana bertemu Presiden Joko Widodo. Pertemuannya dengan Presiden bersama Pimpinan DPR itu berbentuk rapat konsultasi.

"Rapat konsultasi adalah untuk memperlihatkan kepada Presiden bagaimana kerja Pansus selama ini. Kemudian apa saja yang dilakukan Pansus dan tujuan Pansus sehingga Presiden mendapatkan informasi dari pihak pertama," ungkap Taufiqulhadi.

Wakil Ketua Pansus Angket Masinton Pasaribu menjabarkan, dokumen temuan hasil pelanggaran KPK itu diharapkan menjadi bahan pertimbangan untuk Presiden menentukan arah politik penegakkan hukum korupsi. Pasalnya, kata dia, KPK diduga telah melampaui kewenangannya. 

"Dan menafsirkan sendiri beberapa ketentuan perundang-undangan yang sesungguhnya bukan ranah penafsirannya KPK," kata Masinton.


(OGI)