KPU DKI Tetapkan Gubernur Terpilih Awal Mei

Anindya Legia Putri    •    Rabu, 19 Apr 2017 22:35 WIB
pilgub dki 2017
KPU DKI Tetapkan Gubernur Terpilih Awal Mei
Komisioner KPU DKI Betty Epsilon Idroos - MTVN/Anindya Legia Putri.

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI 2017 putaran kedua telah usai. Dalam hitung cepat yang dilakukan sejumlah lembaga survei pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno unggul dari pasangan Basuki 'Ahok' Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat. 

Komisioner KPU DKI Betty Epsilon Idroos menegaskan hasil hitung cepat bukan hasil resmi. Ada sejumlah tahapan yang dilakukan sebelum menetapkan gubernur terpilih. Saat ini, KPU DKI tengah melakukan input data Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) dengan menggunakan form C1 dari masing-masing TPS. 

"Disampaikan bahwa hasil Situng bukanlah hasil resmi KPU Jakarta. Hasil dari lembaga survei juga bukan resmi KPU Jakarta. Hasil resmi dalam rekap berjenjang dari tingkat kecamatan hingga provinsi, memakan waktu sekitar 10-12 hari sejak hari ini atau 29 April-1 Mei merupakan waktu KPU DKI Jakarta merekap hasil penghitungan suara di enam kabupaten kota," tutur Betty, saat ditemui di Hotel Bidakara, Rabu, 19 April 2017. 

Usai itu, KPU DKI masih harus menunggu jika terdapat sengketa hasil pemilihan di MK. Penyelesaian sengketa diberikan waktu selama tiga hari. Usai itu, barulah KPU DKI menentukan gubernur terpilih. 

"Kalaupun ada namun ditolak MK maka KPU akan menetapkan Gubernur DKI terpilih pada tanggal 5 atau 6 Mei 2017," tandas dia.


(REN)