Presiden Panggil Menteri ESDM dan Wamen ESDM ke Istana

Achmad Zulfikar Fazli    •    Jumat, 28 Jul 2017 18:58 WIB
reshuffle kabinet
Presiden Panggil Menteri ESDM dan Wamen ESDM ke Istana
Wamem ESDM Archandra Tahar--Metrotvnews.com/Desi

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo memanggil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Iqnasius Jonan dan Wamem ESDM Archandra Tahar ke Istana Merdeka, Jakarta. Keduanya menghadap Presiden dalam waktu yang berbeda.

Archandra terlebih dahulu dipanggil Presiden, sekitar pukul 14.00 WIB. Pria kelahiran Padang itu memang diisukan bakal kembali menjadi Menteri ESDM menggantikan Jonan. Sebab, Jonan kabarnya akan diplot menjadi Menteri BUMN.

Baca: Gelagat Reshuffle

Namun saat dikonfirmasi soal pergeseran itu, Archandra ogah menanggapinya. "Kerja sajalah kita," kata Archandra di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat 28 Juli 2017.

Selepas Archandra meninggalkan Istana Kepresidenan, giliran Jonan yang dipanggil Presiden ke Istana Merdeka. Sayangnya, ia enggan mengungkapkan hasil pembicaraannya dengan Presiden. "Loh ya enggak boleh (dikasih tahu)" kata Jonan.

Baca: Keputusan Terakhir Selalu di Presiden

Jonan pun membantah pemanggilannya ini untuk membahas Peraturan Menteri yang sempat ditegur oleh Presiden dalam sidang kabinet paripurna, Senin 24 Juli.

"Oh bukan, itu, saya kira Pak Archandra tadi yang bahas itu dengan Presiden," ujar dia.

Saat ditanya soal kabar dirinya digeser ke BUMN menggantikan Rini Soemarno, mantan Menteri Perhubungan itu enggan menjawabnya.

Isu reshuffle memang sempat menghangat. Kabarnya sejumlah nama menteri di bidang ekonomi akan mengalami perombakan. Namun, hingga kini, Presiden secara tegas menyampaikan perombakan itu.


(YDH)