Ketua MPR Sebut 5 Masalah Bangsa

Tri Kurniawan    •    Minggu, 12 Nov 2017 17:11 WIB
berita mpr
Ketua MPR Sebut 5 Masalah Bangsa
Zulkifli Hasan saat pembukaan Festival Way Kambas di Lampung Timur. Foto: Metrotvnews.com/Tri Kurniawan

Metrotvnews.com, Lampung: Ketua MPR Zulkifli Hasan menilai Indonesia mengalami banyak kemajuan setelah 19 tahun reformasi. Tetapi, dia menyebut setidaknya masih ada lima masalah yang harus diselesaikan pemerintah bersama masyarakat.

Hal itu Zulkifli sampaikan saat membuka Festival Way Kambas di Lampung Timur, Minggu 12 November 2017. Kelima masalah tersebut adalah pengangguran, kemiskinan, kesenjangan ekonomi, korupsi, serta rasa percaya dan kebersamaan.

Zulkifli mengaku senang ada festival di daerah, karena acara ini bisa menjadi wadah pengembangan ekonomi kreatif dan merawat kebersamaan. Masyarakat bisa menampilkan seni dan budaya daerah. Di acara ini juga akan terlihat kerja bersama masyarakat dan pemerintah.

"Saya senang sekali ada festival, karena perlu pengembangan industri kreatif. Misal, masyarakat mengembangkan tapis (kain khas Lampung), pemerintah yang memasarkan," kata Zulkifli.

Soal korupsi, Zulkfili mengatakan, dalam sebulan ada lima kepala daerah yang ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Korupsi belum habis meski sudah ada KPK, lembaga khusus menangani masalah ini.

Dia mengatakan, di Scandinavia tidak ada lembaga antikorupsi, namun di sana tidak ada korupsi atau maling. Warga di negara itu akan merasa terhina bila mengambil sesuatu yang bukan miliknya.

Terkait rasa percaya dan kebersamaan, Zulkifli menilai sangat penting, untuk membangun negeri ini. Sekarang, menurut dia, banyak masyarakat saling melaporkan, saling menghujat.

Masyarakat harus percaya terhadap pemerintah, begitu sebaliknya. Menurut Zulkifli, sebuah daerah tidak akan maju bila masyarakat dan pemerintah tidak ada kerja sama.

Misal, masalah sampah. Ini tidak akan selesai kalau masyarakat berpikir sampah urusan pemerintah. Kalau masyarakat merasa bertanggung jawab atas kebersihan lingkungannya, masalah sampah akan lebih cepat selesai.

"Di Eropa, Singapura, Jepang, tidak ada orang buang sampah sembarangan, karena sampah urusan bersama. Pemerintah yang membuat aturannya. Artinya, kita akan maju kalau ada kebersamaan," kata Zulkifli.

 


(TRK)

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

4 hours Ago

Salah satu yang akan dibahas dalam rapat MKD itu adalah status Setya Novanto sebagai kasus koru…

BERITA LAINNYA