Menkopolhukam: Penolakan Panglima TNI di AS tak Perlu Diributkan Lagi

Dheri Agriesta    •    Jumat, 27 Oct 2017 22:10 WIB
amerika serikatpanglima tni gatot nurmantyo
Menkopolhukam: Penolakan Panglima TNI di AS tak Perlu Diributkan Lagi
Menkopolhukam Wiranto (tengah) didampingi Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo (kiri) dan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian (kanan) memberikan keterangan pers usai rapat tertutup terkait pembelian senjata api di Kemenko Polhukam, Jakarta, Jumat (6/

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto menegaskan, masalah penolakan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo masuk ke Amerika Serikat (AS) sudah selesai. Publik tak perlu meributkan lagi masalah ini.

"Itu memang tidak perlu diributkan lagi, enggak perlu ada satu gerakan-gerakan yang kemudian memanas-manasi lagi," kata Wiranto di Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat 27 Oktober 2017.

Baca: AS Janji Kejadian yang Dialami Panglima TNI Tak Akan Terulang

Amerika sudah menyampaikan permintaan maaf. Penolakan itu terjadi karena ada kesalahan administrasi dalam sistem US Customs and Borders Protection.

Amerika, kata Wiranto, bahkan sudah mengundang Gatot untuk bertandang ke Negeri Paman Sam. Undangan itu diberikan buat Gatot dan istri.

Wiranto mengatakan, Amerika bahkan mengaku memiliki hubungan baik dengan Indonesia. Mereka tak ingin hubungan baik yang sudah terjalin lama ini terganggu.

Baca: Jenderal Gatot Terima Surat Permohonan Maaf dari Pangab AS

"Maka kejadian itu sudah sangat disesalkan, kemudian tidak akan terulang lagi, sudah kan itu kan? Berarti sudah selesai permasalahannya, jangan sampai ada pihak tertentu yang justru manas-manasin itu lagi," tambah Wiranto.

Pemerintah harus menjaga hubungan baik yang dimiliki kedua negara. Apalagi, Indonesia menganut politik bebas aktif sehingga terus berusaha menjaga hubungan baik dengan negara manapun.

"Masalah seperti ini kan bisa saja terjadi dan kalau terjadi sudah diselesaikan," tegas Wiranto.


(INF)

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

54 minutes Ago

Salah satu yang akan dibahas dalam rapat MKD itu adalah status Setya Novanto sebagai kasus koru…

BERITA LAINNYA