Metro News

Dugaan Intimidasi dalam Kemasan 'Tamasya Al Maidah'

   •    Selasa, 21 Mar 2017 16:38 WIB
pilgub dki 2017
Dugaan Intimidasi dalam Kemasan 'Tamasya Al Maidah'
Calon Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. (Foto: MI/Susanto)

Metrotvnews.com, Jakarta: Wartawan senior Don Bosco Selamun berkesempatan untuk mewawancarai calon Gubernur petahana DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, menjelang pilgub DKI putaran kedua. Dalam kesempatan itu, Basuki atau akrab disapa Ahok buka-bukaan soal isu yang selama ini mengiringi pilkada DKI Jakarta.

Ahok menuturkan dalam tahapan pilkada DKI Jakarta putaran kedua, isu agama begitu mendominasi. Sementara isu program kerja yang ditawarkan para calon seperti tak menarik minat masyarakat untuk diperdebatkan.

"Saya tidak melihat ada isu-isu program. Kalau putaran pertama masih malu-malu dan ngomong masih campur program, kalau ini tentu fokusnya dan arahnya sudah kesana," kata Ahok, dalam Metro News, Selasa 21 Maret 2017. 

Isu agama yang terus digulirkan tak main-main. Belakangan muncul ajakan aksi melalui media sosial bertajuk Tamasya Al Maidah, mengajak warga dari luar DKI Jakarta untuk ramai-ramai mengawasi pilgub DKI putaran kedua.

 
(Ajakan aksi Tamasya Al Maidah yang beredar di media sosial)

Melihat pergerakan yang begitu masif, Ahok melihat ada potensi intimidasi terhadap proses pelaksanaan pemungutan suara pada putaran kedua pilgub DKI Jakarta. Apalagi, muncul informasi bahwa sudah sekitar 1,3 juta orang bersedia ikut dalam aksi itu.

"1,3 juta orang terdaftar, jadi satu TPS bisa 100 orang dong. Kalau pakai pakaian khas seperti itu, apakah bukannya memberi kesan seolah-olah mau ribut?" katanya. 

Ahok khawatir, pengerahan masa dengan kemasan 'tamasya' justru membuat pemilih takut datang ke TPS. Meski begitu, Ahok mengimbau agar masyarakat DKI Jakarta tak cemas dan tetap datang ke TPS untuk memberikan hak suaranya. Urusan keamanan, kata dia, sudah ada aparat penegak hukum yang akan mengawal.

Lalu, bagaimana strategi Ahok menanggapi rencana Tamasya Al Maidah dan cara agar elektabilitas Ahok tak menurun di kalangan pemilih muslim? Nantikan selengkapnya dalam Prime Talk malam ini pukul 19.30 WIB.

 


(MEL)