Baru 25 Partai Mengisi Sipol

LB Ciputri Hutabarat    •    Kamis, 12 Oct 2017 14:55 WIB
parpol
Baru 25 Partai Mengisi Sipol
Komisioner KPU Hasyim Asy'ari (kiri) meninjau meja pendaftaran di Kantor KPU, Jakarta, Selasa (3/10).

Metrotvnews.com, Jakarta: Baru 25 partai politik yang mengisi Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. Itu pun belum 100 persen.

"Dari 30 parpol yang sudah diberikan akses, yang mengisi sudah 25 partai atau sekitar 75 persen," kata Komisioner KPU Hasyim Asy'ari di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Kamis, 11 Oktober 2017.

Hasyim tak ingin blak-blakan soal lima partai yang belum mengisi Sipol. Dia hanya menegaskan bahwa kesulitan partai akan dibantu sepenuhnya oleh tim yang disiapkan oleh KPU. "Istilahnya konsultasi. Kalau ada partai minta difasilitasi akses Sipol ya kita fasilitasi karena itu tugas KPU," jelas dia.

Baca: KPU: Parpol Wajib Daftar Lewat Sipol

Kehadiran Sipol tak serta merta sekadar meringankan tugas KPU. Pasalnya, KPU juga harus tetap memverifikasi ulang data yang sudah masuk.

Baca: Sipol Syarat Peserta Pemilu 2019

Selain itu, Hasyim optimistis, partai politik tidak akan kesusahan dengan kehadiran Sipol. Dia mengatakan elektabilitas parpol bisa dilihat dari kesigapan para parpol mengisi Sipol.

"Saya kok optimis partai pasti ingin menunjukkan kelembagannya pada publik bahwa kelembagaan parpol tertata dengan baik," tutup dia.

KPU mewajibkan partai politik untuk mengisi data di sipol bila ingin menjadi peserta pemilu 2019. Sipol untuk mengidentifikasi kemungkinan data ganda keanggotaan partai.

Hasyim mengatakan, sipol penting lantaran seluruh data yang telah diinput bakal dicetak dan ditandatangani masing-masing pimpinan parpol. Bila tidak mengisi sipol, parpol tidak akan memiliki dokumen tercetak.

Setelah data sipol dicetak, anggota parpol harus melampirkan fotokopi kartu anggota dan kartu tanda penduduk. Berkas-berkas tersebut kemudian diserahkan ke KPU kabupaten atau kota.

Pengisian sipol dimulai pada Senin 18 September. Sementara itu, pendaftaran parpol dibuka mulai 3 Oktober 2017 hingga dua minggu ke depan.


(YDH)