PKB Fokus Dukung Pemerintahan Jokowi Hingga Tuntas

Whisnu Mardiansyah    •    Kamis, 08 Mar 2018 16:40 WIB
pemilu pilpres 2019
PKB Fokus Dukung Pemerintahan Jokowi Hingga Tuntas
Ketua DPP PKB Jazilul Fawaid (tengah)/MI/Susanto

Jakarta: Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) belum memutuskan bakal bergabung ke poros tertentu pada Pilpres 2019. PKB masih fokus mendukung pemerintahan Joko Widodo hingga masa jabatan di periode ini selesai.

"PKB selama ini ada di dalam koalisi dan belum bubar itu koalisi. PKB ada di situ dan men-support Pak Jokowi sampai selesai," tegas Ketua DPP PKB Jazilul Fawaid di Kompleks, Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis 8 Maret 2018.

Baca: Cak Imin Optimistis Dipinang Jokowi

Jazilul mengakui ada suara dan aspirasi sebagian kader yang mendorong PKB melanjutkan kebersamaan dengan Jokowi pada periode selanjutnya. Namun, secara kelembagaan, belum ada keputusan mendukung poros tertentu di tingkat DPP.

PKB akan mengelar Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Juli 2018. Di momen tersebut, bakal diputuskan sikap politik PKB apakah tetap mendukung Presiden Jokowi atau bergabung dengan poros Prabowo Subianto dari Gerindra.

Baca: PKB Belum Pasti Dukung Jokowi

Saat ini, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (PKB) masih berkeliling meminta masukan kiai NU di seluruh Indonesia. "Mendengarkan aspirasi baru pada 2019 yang cocok siapa melanjutkan yang sekarang. Seperti PKB saat ini atau bagaimana, itu akan meminta petunjuk para kiai juga," jelas Jazilul.

Sebelumnya, Cak Imin mengaku lebih condong bergabung dengan koalisi pemerintah yang mengusung Presiden Jokowi. Cak Imin bahkan berharap Jokowi segera meminangnya sebagai pendamping pada Pilpres 2019.

"Saya masih optimistis Pak Jokowi akan mengajak saya," kata Cak Imin saat acara Sholawat Anti Narkoba di Kompleks Parlemen, Senayan, Selasa, 6 Maret 2018.


(OJE)