Belum Ada Surat Pengunduran Diri Setya Novanto

Dheri Agriesta    •    Selasa, 05 Dec 2017 21:02 WIB
korupsi e-ktpsetya novanto
Belum Ada Surat Pengunduran Diri Setya Novanto
Tersangka kasus dugaan korupsi proyek pengadaan KTP-E Setya Novanto dikawal petugas memasuki Gedung KPK. (MI/Rommy Pujianto)

Jakarta: Wakil Sekjen Partai Golkar Ace Hasan Syadzily belum mendengar surat pengunduran diri Ketua Umum Setya Novanto. Ia juga belum mengetahui adanya surat pengunduran diri untuk posisi Ketua DPR.

"Belum mendengar, di DPR juga belum," kata Ace di Hotel Sari Pan Pacific, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa 5 Desember 2017.

Ace mengatakan, Partai Golkar telah mempertimbangkan untuk mengganti posisi Setya sebagai Ketua DPR. Hal ini telah disampaikan dalam rapat pleno yang diadakan beberapa waktu lalu.

Beberapa pihak, kata Ace, ingin Setya Novanto legowo dan menunjukkan sikap negarawan dalam menghadapi kasus hukum yang menjeratnya. Tapi, tambah Ace, internal partai masih mengedepankan asas praduga tak berasalah terhadap Setya.

"Tentu ini proses yang terus berdinamika," kata Ace.

Novanto kembali ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi KTP-el untuk kedua kalinya. Novanto diduga telah menguntungkan diri sendiri dan korporasi dari megaproyek tersebut.

Novanto bersama dengan Anang Sugiana Sudiharjo, Andi Agustinus alias Andi Narogong dan dua mantan pejabat Kementerian Dalam Negeri Irman dan Sugiharto diduga kuat telah merugikan keuangan negara sebesar Rp2,3 triliun dari proyek KTP-el tersebut.

Tak hanya itu, Novanto dan Andi Narogong juga diduga mengatur proyek sejak proses penganggaran, hingga pengadaan e-KTP tersebut. Novanto dan Andi Narogong disebut telah menerima keuntungan dalam proyek e-KTP ini sebesar Rp574,2 miliar.

Atas perbuatannya, Novanto dijerat dengan Pasal 2 ayat 1 subsider Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.


(LDS)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

1 day Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA