PDIP Isyaratkan tak Usung Risma di Pilkada DKI

Achmad Zulfikar Fazli    •    Rabu, 07 Sep 2016 05:45 WIB
pdi perjuangan
PDIP Isyaratkan tak Usung Risma di Pilkada DKI
Mendagri Cahyo Kumolo bersama Wali Kota Surabaya Tri Risma Harini. (Foto: MI/Abdus).

Metrotvnews.com, Jakarta: PDI Perjuangan mengisyaratkan tak akan mengusung Tri Rismaharini dalam Pilkada DKI Jakarta 2017. Hal ini ditunjukan dengan tidak masuknya Risma sebagai peserta dalam Sekolah Partai Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang diselenggarakan PDIP.

Dalam Sekolah Partai ini, Risma justru ditunjuk sebagai pemberi materi kepada para calon kepala daerah yang bakal diusung PDIP dalam Pilkada serentak 2017.

"Ibu Risma diundang sebagai guru tetap di dalam sekolah calon kepala daerah," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Kinasih Resort Depok, Jalan Raya Cilangkap, Cilangkap, Tapos, Depok, Selasa (6/9/2016) malam.

Selain Risma, kata dia, PDIP juga menghadirkan Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo dan tokoh dari eksternal partai untuk menjadi pengisi materi dalam Sekolah Partai ini, seperti Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

"Karena ini proses kelembagaan dan keseriusan PDI Perjuangan menyiapkan pemimpin," ujar dia.

Saat dikonfirmasi kembali soal kepastian tak diusungnya Risma dalam Pilkada Jakarta, Hasto enggan menjawab secara tegas. "Sudah, jangan diperlebar," ucap dia.

Di lokasi yang sama, Politikus PDIP Eva Kusuma Sundari pun membenarkan kehadiran Risma dalam Sekolah Partai ini hanya sebatas pemberi materi, bukan peserta calon kepala daerah yang bakal diusung PDIP dalam Pilkada serentak 2017.

"Bu Risma ke sini sebagai guru, kalau pesertanya ya calon kepala daerah ini," kata Eva.

Sebelumnya, saat menjadi pengisi materi di acara Sekolah Partai Calon Kepala Daerah dari PDIP, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini sempat mengungkapkan ketidakinginannya untuk hijrah ke Jakarta. Hal itu diungkapkan Risma secara langsung di hadapan calon kepala daerah dari PDI Perjuangan dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Izin bu, saya jangan dibawa ke Jakarta ya bu," kata Risma saat menjadi narasumber dalam acara Sekolah Partai Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah.

Sekedar diketahui, sejumlah nama telah digadang-gadang bakal diusung PDIP sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur dalam Pilkada Jakarta 2017. Mereka diantaranya Tri Rismaharini, calon petahana Basuki Tjahaja Purnama serta Djarot Saiful Hidayat.

Suara dukungan baik dari kader maupun masyarakat kepada tiga nama itu terus mengalir. Namun, hingga kini partai berlambang moncong putih itu belum menentukan sikapnya.


(HUS)