Puti Tunggu Rekomendasi PDI Perjuangan soal Pilgub Jabar

M Sholahadhin Azhar    •    Rabu, 11 Oct 2017 23:29 WIB
pilgub jabar 2018
Puti Tunggu Rekomendasi PDI Perjuangan soal Pilgub Jabar
Politikus PDI Perjuangan Puti Guntur Soekarnoputri (kedua dari kanan) dalam diskusi lembaga survei Indikator dengan tema "Tiga Tahun Kerja: Evaluasi dan Kepercayaan Publik Terhadap Pemerintahan Jokowi-JK" di Jakarta, Rabu (11/10/2017). Foto: MTVN/M Shola

Metrotvnews.com, Jakarta: Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Puti Guntur Soekarnoputri mengakui mendapat dukungan dari masyarakat untuk maju di Pilkada Jawa Barat 2018. Puti pun mengaku siap bertarung di pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jabar tersebut.

"Dua periode dapil saya di Jawa Barat, itu yang pertama. Saya punya keinginan yang lebih untuk kepentingan Jawa barat. Tapi semua tergantung partai," ujar Puti seusai diskusi sebuah lembaga survei "Tiga Tahun Kerja:  Evaluasi dan Kepercayaan Publik Terhadap Pemerintahan Jokowi-JK" di Jakarta, Rabu 11 Oktober 2017.

Niat Puti maju di Pilgub Jabar agar bisa berbuat lebih konkret untuk kemajuan Jawa Barat. Dia mencontohkan masalah rendahnya tingkat pendidikan masyarakat Jawa Barat. Rerata, menurut dia, tingkat pendidikan masyarakat Jabar hanya sampai sekolah menengah pertama (SMP).

"Pembangunan SDM (Sumber Daya Manusia) yang cukup besar berdampingan dengan Ibu Kota. Kalau bisa diperbaiki akan membantu nasional," kata Puti.

Namun demikian, anggota Komisi X DPR RI ini menyerahkan sepenuhnya terhadap keputusan partai. "Artinya keputusan dari partai akan kami lakukan sebaik-baiknya. Tapi saya tetap optimis punya niat maju di Jabar. Kombinasi itu kalau jadi wakil atau gubernur kita serahkan kepada partai," kata dia.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menjelaskan, partainya masih menunggu momentum yang tepat untuk mengumumkan nama-nama kandidat yang bakal diusung dalam pilkada 2018, termasuk dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat.

"Kami sudah mengerucutkan nama-nama. Sudah betul-betul kami kaji sesuai aspek historis, sosiologis, kultural, dan juga peta politik di daerah. Dan juga kami melihat kepentingan nasional untuk calon gubernur dan calon wakil gubernur. PDI Perjuangan hanya menunggu waktu untuk mengumumkan," kata Hasto.

Hasto mengungkapkan, sudah ada sejumlah nama yang diusulkan ke PDI Perjuangan agar diusung di Jawa Barat. Nama-nama yang diusulkan itu, kata Hasto, antara lain Puti Guntur Soekarno, Tubagus Hasanuddin, Kapolda Jabar Irjen Pol Anton Charliyan dan Sekda Provinsi Jabar Iwa Kartiwa.

Ketika ditanya soal koalisi di Jabar, Puti mengatakan, pimpinan pusat partai telah menjalin komunikasi dengan sejumlah partai lainnya di antaranya Partai Golkar. Namun, Puti menjelaskan, keputusan koalisi ada di tangan ketua umum dan pimpinan pusat PDI Perjuangan.
 
"Soal PDI Perjuangan akan koalisi dengan Partai Golkar saya tidak tahu menahu, ya, karena itu sepenuhnya urusan DPP, tapi yang penting saya sudah mendaftarkan diri (maju Pilgub Jawa Barat)," kata puti.


(MBM)