Jokowi & Cak Imin Bahas RUU Pemilu hingga Komunikasi Politik

Githa Farahdina    •    Selasa, 29 Nov 2016 14:39 WIB
presiden jokowi
Jokowi & Cak Imin Bahas RUU Pemilu hingga Komunikasi Politik
Presiden Jokowi (kiri) dan Ketum PKB Cak Imim saat berbincang mengenai situasi politik yang kian memanas. Foto: MTVN/Githa Farahdina

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo menerima kedatangan Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Cak imin). Keduanya membahas tiga hal penting terkait penyelenggaran negara.

"Pertama berkaitan denga dimulainya pembahasan RUU Pemilu," kata Jokowi usai sesi veranda talk di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (29/11/2016).

Pembahasan ini dibawa ke Istana karena masih menjadi pembahasan alot di DPR. Kebetulan, ketua Pansus RUU Pemilu merupakan politikus PKB yang berada di bawah kepemimpinan Cak Imin.

Tak hanya itu, Jokowi dan Cak Imin juga membahas penguatan sistem presidensial, sistem yang dianut Indonesia saat ini. "Ketiga berkaitan komunikasi politik dengan partai pendukung yang akan diintensifkan lagi," ujar Presiden ke-7 RI ini.

Cak Imin mengamini perkataan Jokowi. Menurut Cak Imin, ada banyak hal yang disampaikan kepada Presiden soal sistem yang dianut Indonesia. Beberapa di antaranya soal pemilihan kepala lembaga dan perwakilan Indonesia di negara sahabat.

"Mengangkat Kepala BIN apa perlu ke DPR. Mengangkat duta besar apa perlu ke DPR," ujar Cak Imin.

Hal itu menjadi pembahasan alim ulama selama ini. Mereka bertujuan menguatkan sisten presidensial.

Tak hanya itu, Cak Imin juga menyampaikan komitmen partai pendukung pemerintah menyukseskan pemerintahan Jokowi-JK. Mereka juga akan membantu pemerintah mempercepat gerakan dalam bekerja.


(MBM)