Pemerintah Diminta Tegas Atasi Kasus HAM Masa Lalu

Dheri Agriesta    •    Senin, 20 Mar 2017 17:20 WIB
hak asasi manusia
Pemerintah Diminta Tegas Atasi Kasus HAM Masa Lalu
Ilustrasi. foto: Antara/Fanny

Metrotvnews.com, Jakarta: Mantan Menteri Kehakiman Muladi bertemu dengan Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto untuk membahas kejahatan hak asasi manusia masa lalu. Muladi meminta pemerintah tegas menyelesaikan kasus kejahatan masa lalu.

"Kalau tidak memenuhi syarat untuk masuk kriteria pidana, jawab saja," kata Muladi usai pertemuan di Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin 20 Maret 2017.
 
Muladi mengatakan, Ombudsman RI telah menanyakan penyelesaian kasus HAM masa lalu kepada pemerintah. Muladi menyarankan pemerintah mengutarakan alasan dalam penanganan kasus itu.
 
Ada beberapa kasus yang dinilai bisa dijawab pemerintah. Beberapa kasus tak bisa diadili karena tak ada rekomendasi DPR untuk meneruskan kasus ke pengadilan. "Dasar pengadilan ad hoc harus ada keppres atau usulan DPR," kata dia.
 
Muladi tak bisa merinci kasus pelanggaran HAM yang dimaksud. Muladi setuju adanya pengungkapan kebenaran dalam setiap kasus kejahatan HAM masa lalu.
 
"Jangan sampai alasan dibuat-buat. Harus ada alasan yuridis. Saya minta ini dijawab tegas, kita enggak bisa ngambang begini," tegas Muladi.
 
Pertemuan yang membahas penyelesaian beberapa kasus kejahatan HAM masa lalu ini juga dihadiri Jaksa Agung M Prasetyo. Prasetyo enggan memberikan komentar usai pertemuan.




(FZN)