Tak Ikut Seleksi Hakim MK, Tim Pansel: Ada Konsekuensi

Dheri Agriesta    •    Rabu, 24 Dec 2014 21:53 WIB
seleksi hakim mk
Tak Ikut Seleksi Hakim MK, Tim Pansel: Ada Konsekuensi
Ketua Hakim MK Hamdan Zoelva--Antara/Fanny Octavinus

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Hamdan Zoelva, memutuskan untuk tidak ikut proses seleksi Hakim MK. Panitia Seleksi (Pansel) Hakim MK Refly Harun menghargai sikap yang diambil Hamdan Zoelva, namun ada konsekuensi yang diterima Hamdan.

"Namun ada konsekuensi, Pansel tidak bisa mengikutkan pak Hamdan pada tahap selanjutnya," kata Ketua Pansel Refly Harun dalam Program Primetime News Metro Tv, Rabu (24/12/2014).

Sambung Refly, sikap Hamdan yang enggan mengikuti proses seleksi, maka Pansel tak meloloskan nama Hamdan ke tahapan seleksi selanjutnya.

"Kenapa tidak lolos karena tidak mengikuti tahapan yang diharuskan," tegas dia.

Pansel, lanjut dia, telah merumuskan prinsip bahwa semua punya prinsip kesamaan di depan Pansel. Pansel tidak membedakan kandidat yang ikut dalam proses seleksi.

Selain itu, dengan sikap yang diambil Hamdan, pembentukan Pansel yang menghabiskan banyak biaya akan dipertanyakan. Terlebih, beberapa anggota Pansel berasal dari luar kota dan memiliki pekerjaan yang harus ditinggalkan untuk menjalankan mandat ini.

Diketahui, Ketua MK Hamdan Zoelva memutuskan untuk tidak hadir dalam tahapan seleksi hakim MK yang dilakukan Tim Pansel beberapa waktu lalu. Hamdan menyerahkan sepenuhnya keputusan kepada Pansel dan Presiden Joko Widodo.

Hamdan mengatakan, telah menyampaikan surat kepada Pansel untuk tidak mengikuti proses interview dalam fit dan proper tes yang didakan Pansel. Surat itu, lanjut dia, juga ditembuskan kepada Presiden.


(LDS)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

5 days Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA