Perempuan Kunci Peredam Radikalisme

Fachri Audhia Hafiez    •    Jumat, 06 Jul 2018 07:28 WIB
terorisme radikalisme
Perempuan Kunci Peredam Radikalisme
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Suhardi Alius. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez

Jakarta: Kaum perempuan dinilai sebagai peredam paham radikal. Sebab, kodrat perempuan sebagai sosok ibu yang sifatnya melindungi.

"Perempuan adalah pondasi bangsa ini. Setiap keberhasilan seseorang itu ada warna perempuan di situ," kata Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Suhardi Alius saat mengisi seminar di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, Kamis, 5 Juli 2018.

Suhardi mengatakan sosok perempuan dibutuhkan untuk menekan gerakan radikal yang mengacu pada setiap tindakan aksi terorisme.

"Bagaimana mengatasi radikalisme ini ? Seorang ibu sangat berperan paling banyak berinteraksi dengan putra-putrinya agar tak terpengaruh paham itu," ujar Suhardi.

Suhardi memaparkan anak-anak generasi saat ini mampu menyerap informasi dengan mudah dari internet. Berbagai pengetahuan bisa diserap namun rentan dengan paham yang mengarah ke radikal.

"Mereka masih belum stabil, sementara di satu sisi dia pengetahuannya ingin maju terus, rentan disusupi paham-paham seperti itu (radikalisme)," tutur Suhardi.

Suhardi meminta agar setiap gerak-gerik putra-putri bisa dipantau sejak dini. Peran ibu menentukan keberhasilan seorang anak.

"Warna ibu yang mendidik dan mengasuh anak-anak itu, menentukan kepribadian dan watak. Jika menemukan kejanggalan pada perilaku anak, bisa teridentifikasi dan ditemukan solusinya dan tidak biarkan berkembang," pungkas Suhardi.


(SCI)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

1 month Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA