Demokrat Pastikan Penuhi 30% Keterwakilan Perempuan

Husen Miftahudin    •    Selasa, 10 Jul 2018 20:52 WIB
pileg
Demokrat Pastikan Penuhi 30% Keterwakilan Perempuan
Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan--Medcom.id/Husen Miftahudin.

Jakarta: Partai Demokrat memastikan memenuhi 30 persen keterwakilan perempuan dalam kepengurusan partai politik (parpol). Keterwakilan 30 persen dalam kepengurusan parpol merupakan prasyarat yang diberikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk penyusunan daftar calon legislatif (caleg).

"Minimalnya kan 30 persen. Kami semua memastikan 30 persen (keterwakilan perempuan di Demokrat) terpenuhi," ujar Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan di kediaman Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Jalan Mega Kuningan Timur VIII, Jakarta Selatan, Selasa, 10 Juli 2018.

Partai berlambang mercy itu saat ini sedang memfinalisasi nama-nama kader untuk didaftarkan sebagai caleg. Dalam nama-nama yang tengah dipersiapkan itu, Demokrat memastikan 30 persen di antaranya merupakan perempuan.

"Ini kan semua DPD kita panggil satu-satu. Bukan cuma DPR RI ya, tapi juga di DPD provinsi dan kabupaten/kota. Tanggal 14 (Juli 2018) kami akan daftarkan serentak seluruhnya," ungkap Hinca.

Baca: Keterwakilan Perempuan di DPR Masih Minim

Keterwakilan 30 persen perempuan dalam kepengurusan parpol termaktub dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2008 tentang Partai Politik. Setiap parpol wajib menyertakan keterwakilan perempuan minimal 30 persen dalam pendirian maupun dalam kepengurusan di tingkat pusat.

Kemudian pada UU Nomor 10 Tahun 2008 tentang Pemilu DPR, DPD, dan DPRD menyebut bahwa parpol baru dapat mengikuti setelah memenuhi persyaratan menyertakan sekurang-kurangnya 30 persen keterwakilan perempuan pada kepengurusan partai politik tingkat pusat.


(YDH)

Eks Koruptor Wa Ode Nurhayati Ikut Pembahasan KTP-el

Eks Koruptor Wa Ode Nurhayati Ikut Pembahasan KTP-el

2 days Ago

Nurhayati yang saat itu masih duduk di Komisi II DPR bahkan mengetahui poin-poin pembahasan meg…

BERITA LAINNYA