SBY Ambil Panggung Prabowo

Lukman Diah Sari    •    Kamis, 02 Aug 2018 16:40 WIB
pilpres 2019
SBY Ambil Panggung Prabowo
Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kanan) bersama Presiden ke-6 sekaligus Ketum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono di rumah dinasnya di Mega Kuningan, Jakarta. Foto: MI/Rommy Pujianto.

Jakarta: Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) disebut mengambil panggung dari Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. SBY kini dianggap memimpin koalisi melawan Presiden Joko Widodo. 

"SBY yang menentukan prospek politik," kata Direktur Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) Sirajuddin Abbas ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Selatan, Kamis, 2 Agustus 2018. 

Menurut dia, SBY telah menunjukkan ke Prabowo telah berhasil bernegosiasi dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan selanjutnya Partai Amanat Nasional (PAN). PKS dianggap telah berniat bergabung dengan oposisi, yang diikuti PAN.

"Untuk wakil (presiden) dari mana, saya yakin masih akan diselesaikan SBY meski di depan publik bilang diserahkan ke (calon presiden) Prabowo," ucap dia. 

Dia menilai Prabowo telah sepenuhnya menyerahkan skenario politik pemilihan presiden ke SBY. Ini termasuk ihwal PKS yang tetap menginginkan posisi calon wakil presiden (cawapres). 

"Penting Anda ingat hubungan PKS dan SBY selalu baik, tak pernah equal selalu hierarki," jelas dia. 

Baca: 150 Ribu Caleg akan Mempromosikan Jokowi

PKS, kata dia, selalu masuk koalisi yang dijalankan SBY. PKS pun menjadi pembantu dalam masa pemerintahan SBY. 

"Sudah hierarki dari sananya. Tetapi, negosiasi yang berlangsung saat ini, jika PKS tak dapat kursi wapres, saya kira masih proses penyelesaian," beber dia.

Dia mengungkap bila kelak jabatan cawapres diserahkan ke Agus Harimurti Yudhoyono, anak SBY, harus ada tawaran kepada partai lain. PAN dan PKS dinilai akan mendapat posisi lain.


(OGI)