Pemerintah Siapkan Peraturan Baru Tentang Tata Kelola Air

Lis Pratiwi    •    Kamis, 18 May 2017 13:09 WIB
ruu dpr
Pemerintah Siapkan Peraturan Baru Tentang Tata Kelola Air
Direktur Yayasan Lestari Indonesia, Gunawan. Foto: MTVN/Lis Pratiwi

Metrotvnews.com, Jakarta: DPR menetapkan Rancangan Undang-Undang Sumber Daya Air (RUU SDA) dalam agenda pembahasan tahun 2017. Peraturan ini dibahas untuk menggantikan UU Nomor 11 Tahun 1974.

UU Nomor 11 Tahun 1974 tentang Pengairan dan UU Nomor 7 Tahun 2004 Tentang Sumber Daya Air telah dibatalkan secara keseluruhan Mahkamah Konstitusi (MK). MK berpendapat beberapa pasal pokok bertentangan dengan konstitusi. Tidak sesuai kondisi saat ini.

"Bagi kami pembatalan itu bukan hanya pasal yang digugat, tetapi banyak ketentuan yang tidak lagi sesuai ketentuan saat ini," ujar Direktur Yayasan Lestari Indonesia (YLI), Gunawan dalam Diskusi Publik, Kamis 18 Mei 2017.

Baca: Komisi V Beberkan Alasan Pentingnya RUU SDA

Data BNPB menunjukkan dalam periode sebelum ada UU No.7/2004 terjadi bencana banjir, kekeringan, dan tanah longsor sebanyak 745 kali. Irionisnya, sejak peraturan itu terbit, jumlah kejadian lebih banyak. Sepanjang 2005 hingga 2015, terjadi 11.258 bencana. "Peraturan itu tidak terlalu berpengaruh," tambah Gunawan.

Baca: 183 Juta Orang Indonesia Kesulitan Air Bersih

Gunawan menilai putusan MK tersebut sebagai kesempatan baik semua pihak, untuk memperbaiki regulasi tata kelola air ke depan. Peraturan ini juga harus melibatkan berbagai sektor dan antar-wilayah pemerintahan. Termasuk dalam penyusunan anggarannya.

Baca: Komisi V Tampung Masukan dari 12 Pemerhati Air dalam RUU SDA

Sebab air merupakan kebutuhan mutlak menyangkut kepentingan berbagai sektor, sementara permasalahan yang ada begitu kompleks.

Menurut Gunawan, negara harus memiliki peraturan yang bisa menerjemahkan bagaimana cara mengatasi bencana berkelanjutan, dan persoalan hidrologi sebagai kajian dalam pembahasan RUU SDA.


(YDH)

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

8 hours Ago

KPK kembali memeriksa mantan Dirjen Dukcapil Kemendagri Irman. Irman diperiksa sebagai saksi un…

BERITA LAINNYA