Nasdem Safari Ramadan di Ponpes Al-Hikam Malang

Lis Pratiwi    •    Sabtu, 17 Jun 2017 20:57 WIB
Nasdem Safari Ramadan di Ponpes Al-Hikam Malang
rombongan Safari Ramadan Partai Nasdem ke Ponpes Al Hikam Malang diterima istri almarhum KH Hasyim Muzadi, Hj. Muthamimah, Sabtu (17/6). Foto: MI/Heri Susetyo

Metrotvnews.com, Malang: Agenda safari Ramadhan Partai Nasdem baru saja dilangsungkan di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Hikam, Malang. Ponpes Al-Hikam dipilih karena adanya kedekatan antara Nasdem dengan almarhum  KH Hasyim Muzadi, yang juga pimpinan Ponpes Al-Hikam.

Semasa hidup, mantan ketua umum Nahdlatul Ulama (NU) itu dikenal sebagai seorang ulama yang nasionalis dan pluralis. Ketua Dewan Perwakilan Wilayah Jawa Timur Partai Nasdem, Rendra Kresna mengatakan KH Hasyim Muzadi juga sering memberikan wejangan, nasehat, atau masukan-masukan positif kepada tokoh-tokoh Nasdem.

"Bahkan wejangan terakhir beliau agar kader-kader Nasdem ini benar-benar menjaga NKRI sehingga pesan dan sebagainya dari KH Hasyim Muzadi ini mengharapkan Indonesia ke depannya yang lebih maju," ujarnya di sela kunjungan ke Ponpes Al-Hikam pada Sabtu 17 Juni 2017.

Kedatangan rombongan Nasdem di Ponpes tersebut langsung disambut oleh anak dan istri almarhum KH Hasyim Muzadi. Dalam sambutannya, istri KH Hasyim Muzadi, Muthomimah, menyampaikan pesan almarhum untuk menjaga amanah terkait kepengurusan Ponpes di Malang dan Depok agar bisa terus menggratiskan biaya para santri.

Safari Ramadan Partai Nasdem ini dilakukan oleh Pengurus Dewan Pimpinan Pusat dan Dewan Pimpinan Wilayah Jawa Timur Partai Nasdem ke lima ponpes di Jawa Timur. Safari Ramadan dilakukan selama tiga hari dari Jumat hingga Minggu, 16-18 Juni 2017.

Selain Ponpes Al-Hikam Malang, rombongan telah mengunjungi  dua ponpes lain yakni Ponpes Langitan Tuban dan Tebuireng Jombang. Rombongan akan melanjutkan kunjungan ke Ponpes Al-Qadiri Jember, dan terakhir ke Ponpes Syaikhona Kholil Bangkalan Madura.
(SUR)